Ibu dan Anak Bertarung Di Pengadilan Gara-Gara Sosis

id sosis, jerman, pengadilan

 Ibu dan Anak Bertarung Di Pengadilan Gara-Gara Sosis

Ilustrasi (temanmakan.multiply.com)

Berlin - Sebut saja itu "perang sosis"! Pertengkaran satu keluarga gara-gara hak penerus sosis menambah bumbu dan aroma musim panas di Berlin.
        
Pekan ini, setelah berbulan-bulan pergulatan hukum yang menyakitkan melawan ibunya, Mario Ziervogel membuka gerai makanan cepat saji yang menyediakan makanan terkenal di berlin --sosis daging babi goreng yang diiris dan dilapisi kecap serta bumbu kari.
        
Tokonya hanya berjarak beberapa blok dari restoran keluarganya, Konnopke's Imbiss, salah satu tempat makan paling kondang di kota itu sebab restoran tersebut lah yang pertama memperkenalkan "currywurst" ke Berlin Timur, yang berada di bawah pemerintah Komunis pada 1960, kata Reuters.
        
Warga Berlin yang lapar rela ngantri selama satu jam untuk membeli sosis penuh rasa pada masa Komunis dan Konnopke's Imbiss tetap jadi tujuan wisata terkenal saat ini.
        
Ibu Ziervogel, Waltraud (76), telah menuntut dia karena ingin menggunakan nama buat tempat makannya, "Ziervogel's Cult Curry --Sejak 1960", kata Reuters --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis malam. Pengacara Waltraud, Fabian Tietz, menyatakan anak lelaki Waltraud tersebut (48) bahkan belum dilahirkan pada 1960, apalagi menyajikan sosis.
        
Pengadilan setempat, Selasa (10/7), memutuskan Ziervogel dapat tetap menggunakan nama itu buat restoran barunya tapi harus mencopot tahunnya.
        
"Dalam hal ini, Ziervogel bukan saingan," kata Tietz kepada Reuters. "Kami senang bahwa kami menang."
   
Pengcara sang anak, Christian Weizberg, juga mengklaim kemenangan, dan mengatakan san ibu juga sebelumnya ingin menghalangi Ziervogel menggunakan naman "Ziervogel's Cult Curry".
        
Dalam proses pengadilan, Waltraud Ziervogel mencabut hak warisan putranya dan mengatakan ia malah akan menyerahkan tongkat pimpinan bisnis keluarganya kepada putrinya.
        
"Pada akhirnya, para pelanggan lah yang akan memutuskan 'currywurst' siapa yang terasa lebih enak," kata Weizberg.
        
Pada Kamis (12/7), dengan berita utama berjudul "Serbuan currywurst baru", harian laris Jerman, Bild, menyatakan empat gerai baru yang melayani makanan ringan, termasuk Ziervogel's, telah dibuka di Berlin dalam waktu satu pekan saja.
        
Makanan tersebut dikatakan telah ditemukan oleh mendiang Herta Heuwer pada 1949, setelah perempuan itu memperoleh kecap dan bubuk kari dari tentara Inggris yang berpusat di Berlin Barat. (Ant/Rtr)