PLN: Daftar Tunggu Calon Pelanggan Listrik 24 MW

id pln, sutet

PLN:  Daftar Tunggu Calon Pelanggan Listrik 24 MW

Ilustrasi (antaranews)

Kalau pembangunan tower jaringan dari gandu induk Sidera ke gardu induk (GI) Silae dan Talise di Kota Palu selesai, maka daftar tunggu dengan jumlah daya sebesar itu dipastikan terlayani
Palu,  (antarasulteng.com) - General Maneger PT PLN Wilayah VIII Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Sulut-Tenggo), Baringin Nababan mengatakan saat ini daftar tunggu permintaan daya listrik khusus di wilayah kerja PLN Area Palu mencapai 24 megawwat (MW).

"Kalau pembangunan tower jaringan dari gandu induk Sidera ke gardu induk (GI) Silae dan Talise di Kota Palu selesai, maka daftar tunggu dengan jumlah daya sebesar itu dipastikan terlayani," katanya di Palu, Selasa.

Baringin mengatakan khusus untuk memenuhi kebutuhan listrik di Ibu Kota Provinsi Sulteng yang setiap tahunnya terus meningkat, maka PLN sebagai pemasok listrik akan mempercepat proses pembangunan tower dan jaringan transmisi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dari GI Sidera ke GI Talise dan Silae.

PLN Wilayah Sulut-Tenggo bersama PT PLN Unit Induk Pembangunan XIII Makassar akan berupaya untuk mempercepat proses pembangunan tower dan jaringan agar paling lambat 2016 sudah rampung.

General Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan XIII Makassar, Sarono mengatakan sedikitnya akan dibangun 11 tower jaringan PLTA dari GI Sidera sampai ke GI Talise dan dua tower dari GI Talise sampai ke GI Silae.

"Kita usahakan dikerjakan pada April 2015 ini," katanya.

Saroso juga meminta dukungan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, terutama soal pembebasan lahan pembangunan tower dan jaringan listrik.

"Saya minta pak gubernur mendukung kami untuk kelancaran proses pembangunan tower dan jaringan dimaksud," pinta dia.

Sementara Gubernur Sulteng, Longki Djanggola berjanji Pemda siap untuk memfasilitasi soal pembebasan lahan agar semua bisa berjalan lancar dan aman.

"Ya kami (Pemprov Sulteng, Pemkab Sigi dan Pemkot Palu) akan memfasilitasi agar proses pembangunan bisa berjalan lancar," kata gubernur.

Ia juga meminta masyarakat untuk mendukung karena semua ini tentu adalah untuk kepentingan orang banyak.

Menurut dia, jika listrik tersedia dalam jumlah memadai, niscaya investorpun akan berlomba-lomba datang ke Sulteng menanamkan invastasinya. (skd)