Penulis Skenario Nyatakan Film Bin Laden Tidak Politis

id film, bin laden, politis

Penulis Skenario Nyatakan Film Bin Laden Tidak Politis

Osama bin Laden (reuters)

Washington - Studio Hollywood pekan ini meluncurkan trailer sebuah film yang mendramatisasi perburuan Osama bin Laden, namun penulis skenario film tersebut menyatakan trailer itu tidak dimaksudkan untuk mendongkrak kampanye Presiden Barack Obama.
        
Obama adalah memerintahkan serangan komando Mei 2011 dan menyebabkan bin Laden tewas pada saat itu.
        
Awal tahun ini, perwakilan AS Peter King, dari Partai Republik yang mengetuai komite Parlemen Keamanan Negara, mengatakan pembuat film itu menceritakan sebuah peristiwa besar yakni  tentang salah satu operasi paling rahasia dalam sejarah Amerika."
   
King mengungkapkan keprihatinannya tentang keterlibatan "lembaga pelobi Partai Demokrat" dalam akses "percaloan" untuk pembuat film bagi pejabat-pejabat tinggi.
        
Namun penulis naskah Mark Boal mengatakan film itu merupakan sebuah film non politik yang memperlihatkan aksi operasi rahasia yang memburu bin Laden dan bahkan membunuhnya. Obama bahkan bukan karakter dalam film tersebut, katanya.
        
Sony Pictures mengatakan trailer film yang berjudul "Zero Dark Thirty" itu, diluncurkan pada Selasa (7/8) lalu. Studio tersebut mengunggah trailer yang berdurasi satu menit 15 detik itu di Youtube.
        
Trailer itu berpotensi memunculkan kontroversi karena dokumen resmi yang diluncurkan oleh pemerintah tahun ini kepada sebuah kelompok konservatif menunjukkan bahwa Boal dan sutradara film Kathryn Bigelow diberikan pengarahan singkat tentang latar belakang operasi atas bin Laden itu oleh Gedung Putih, Pentagon dan pejabat CIA.
        
Baik CIA dan Pentagon mengatakan saat itu bahwa interaksi mereka dengan pembuat film yang memenangkan piala Oscar untuk filmnya "The Hurt Locker" itu, merupakan rutinitas dan sebuah hal yang normal.
        
Kontroversi politik mencuat ketika kolumnis New York Times Maureed Dowd melaporkan tahun lalu bahwa Gedung Putih mengandalkan film itu untuk melawan reputasi atas Obama yang dianggap tidak efektif.
        
Dowd melaporkan film itu dijadwalkan akan ditayangkan pada 12 Oktober, sekitar tiga minggu sebelum pemilihan presiden November mendatang. (Ant/Rtr)