Pemkab Sigi dukung pembangunan industri tapioka di Marawola Sulteng

id Gubernur Sulteng,Rusdy Mastura,Pt sinar borneo cemerlang,Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan

Pemkab Sigi  dukung pembangunan industri tapioka di Marawola Sulteng

Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama Gubernur Sulteng Rusdy Mastura meninjau lokasi pembangunan industri tapioka di Desa Bomba, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Selasa (16/8/2022). (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mendukung pembangunan industri tapioka di Desa Bomba, Kecamatan Marawola, Sulteng, untuk mempercepat peningkatan ekonomi dan kesejahteraan petani di daerah tersebut.

"Pemerintah akan memberikan dukungan terkait dengan proses perizinan untuk pembangunan industri tersebut," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Jumat.

Rencana pembangunan industri/pabrik tapioka di Desa Bomba, dilakukan oleh PT Sinar Borneo Cemerlang di lahan seluas tiga hektare.

PT Sinar Borneo Cemerlang sebelum menemui Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan diarahkan untuk berinvestasi atau membangun industri pertanian di Kabupaten Sigi.

Mohamad Irwan bersama Gubernur Sulteng Rusdy Mastura didampingi pihak PT Sinar Borneo Cemerlang telah meninjau lokasi rencana pembangunan industri tapioka di Desa Bomba.

"Terima kasih bapak Gubernur Sulawesi Tengah yang memperhatikan pembangunan di Kabupaten Sigi dengan memusatkan pembangunan industri pabrik tapioka di Kabupaten Sigi," kata Irwan.

Dirinya mengutarakan harapannya agar investasi tersebut nantinya dapat berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

Ia juga meminta kepada PT Sinar Borneo agar memberdayakan masyarakat di wilayah kecamatan tersebut, dalam kegiatan pengembangan tanaman ubi menjadi tepung tapioka.

"Pemerintah Kabupaten Sigi juga akan mendorong petani dan memberikan dukungan kepada petani untuk menanam ubi kayu, karena telah ada perusahaan yang siap membeli," ujar dia.

PT Sinar Borneo Cemerlang berjanji akan memberdayakan masyarakat yaitu dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan budidaya tanaman ubi kayu, serta membeli buah ubi kayu yang ditanam oleh masyarakat.

Sementara itu Gubernur Sulteng Rusdy Mastura berharap kepada PT Sinar Borneo Cemerlang agar mengikuti atau memenuhi seluruh proses perizinan yang disyaratkan oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Ia juga meminta perusahaan tersebut agar memperhatikan atau memberdayakan masyarakat di Kecamatan Marawola.

"Pemerintah Provinsi Sulteng akan mengarahkan pembangunan industri pertanian di wilayah Kabupaten Sigi, untuk percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan ekonomi daerah," ujar Rusdi.

 
Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dalam pertemuan bersama masyarakat dan Forkompimda, usai meninjau lokasi pembangunan industri tapioka di Desa Bomba, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Selasa (16/8/2022). (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)