Garuda jadikan Jayapura sebagai pusat penerbangan di Papua

id Garuda Indonesia, Papua, Bandar Udara Sentani, Jayapura, pusat penerbangan

Garuda jadikan Jayapura sebagai pusat penerbangan di Papua

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Jayapura Agny Gallus Pratama (ANTARA/Ardiles Leloltery)

Jayapura (ANTARA) - PT Garuda Indonesia menjadikan Jayapura sebagai pusat penerbangan di Papua sehingga rute ke daerah lain di kawasan itu lebih sering dan fleksibel.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Jayapura Agny Gallus Pratama di Jayapura, Jumat, mengatakan, pihaknya segera menyediakan satu unit pesawat di Bandar Udara Sentani untuk kemudian melakukan penerbangan seperti Biak, Timika dan Merauke.

"Selama ini pesawat siap di Jakarta dan jika ke Jayapura harus berhenti sementara (transit) dulu Biak sehingga skema harus diubah tidak seperti itu," kata Agny.

Menurut Gallus, sebelumnya rute penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Jayapura harus melalui Makassar kemudian Biak atau Timika sehingga skema tersebut diubah.

"Di mana dari Jakarta menuju langsung ke Jayapura dan armada yang disiapkan di Bandar Udara Sentani yang akan melanjutkan ke daerah lain di Papua," ujarnya.



Dia menjelaskan menjelang penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih (STC) di Kabupaten Biak Numfor pada November 2023 maka diharapkan dengan adanya skema tersebut bisa mempermudah penerbangan di Bumi Cenderawasih tersebut.

"Ini merupakan salah satu prioritas kami khususnya di Jayapura sehingga penerbangan di Papua lebih mudah cepat," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa maskapai untuk layanan kargo ke daerah pegunungan Papua.