Rutan Palu-Dinsos sinergi berikan pelayanan kesehatan warga binaan

id Rutan Palu,Dinsos Palu ,Pelayanan kesehatan ,Jaminan kesehatan ,Kota Palu,Sulawesi Tengah

Rutan Palu-Dinsos sinergi berikan pelayanan kesehatan warga binaan

Kepala Rutan Palu Yansen menerima kunjungan dari Dinsos Kota Palu, Kamis (21/12/2023). (ANTARA/HO-Dokumentasi Rutan Palu)

Palu (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Dinas Sosial (Dinsos) setempat  memperkuat sinergi dalam memberikan pelayanan dan jaminan kesehatan kepada warga binaan pemasyarakatan.
 
"Kunjungan Dinas Sosial Kota Palu merupakan bentuk sinergisitas bersama Rutan Palu untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal kepada warga binaan," kata Kepala Rutan Palu Yansen di Kota Palu, Kamis.
 
Ia mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka membahas serta mengkoordinasikan terkait kepengurusan dokumen dan penerbitan Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi para warga binaan yang belum terdaftar.
 
Dengan memiliki Kartu BPJS Kesehatan, kata dia, warga binaan dapat memiliki jaminan kesehatan dan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut.
 
"Koordinasi ini merupakan salah satu wujud komitmen Rutan Palu dalam memberikan dan memastikan pelayanan yang lebih baik kepada warga binaan," ujarnya.
 
Pihaknya juga akan terus meningkatkan koordinasi dengan Dinas Sosial dan stakeholder  lainnya dalam meningkatkan pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi warga binaan.
 
Sementara itu Perwakilan Dinsos Kota Palu Neni Triani mengatakan pihaknya siap mendukung Rutan Palu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan.
 
"Tentunya kami siap mendukung segala program pembinaan dan pelayanan kesehatan yang diberikan Rutan Palu kepada warga binaan. Ini adalah hal baik yang harus terus ditingkatkan," katanya. 
 
Dia berharap dengan warga binaan memiliki Kartu BPJS Kesehatan nantinya, mereka tidak lagi memiliki kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan.