DPRD Tunggu Gubernur Ajukan Calon Wagub Sulteng

id cagub

DPRD Tunggu Gubernur Ajukan Calon Wagub Sulteng

Ilustrasi (redesain antara)

Palu,  (antarasulteng.com) - DPRD Sulawesi Tengah sampai saat ini belum bisa menindaklanjuti proses pemilihan wakil gubernur pengganti almarhum H.Sudarto karena masih menunggu usulan nama-nama calon wagub dari gubernur.

"DPRD hingga kini masih menunggu pengajuan nama-nama cawagub dari gubernur, kalau sudah ada, kita segera proses pemilihannya, agar masalah ini tidak terus menggantung dan menimbulkan ketidakpastian bagi rakyat," kata anggota DPRD Sulteng Moh. Masykur di Palu, Selasa.

Menurut dia, proses menuju pemilihan cawagub Sulteng telah melalui sejumlah tahapan dan kini memasuki tahapan pengajuan nama-nama calon dari partai pengusung pasangan Gubernur/Wagub Longki Djanggola/Sudarto melalui gubernur.

"Panitia pemilihan wagub di DPRD sudah terbentuk, kita tinggal menunggu siapa-siapa nama yang akan diajukan Gubernur Sulawesi Tengah," ucapnya.

Ketua fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu mengatakan jika pengajuan nama kandidat ke DPRD dilakukan secepatnya, maka proses pemilihan pun semakin cepat terlaksana, begitu sebaliknya.

Olehnya, partai pengusung kandidat diminta agar secepatnya memberikan nama-nama tersebut kepada gubernur untuk kemudian diusulkan ke DPRD.

"Kalau bisa secepatnya lebih bagus sehingga masalah ini tidak menggantung dan menjadi hal yang tidak memiliki kepastian bagi rakyat Sulawesi Tengah," ucap Masykur.

Anggota Komisi III DPRD Sulteng itu memaparkan bahwa saat ini panitia pemilihan Cawagub Sulteng sudah mulai bekerja dan memproses tahapan-tahapan pemilihan sebelum digelar sidang paripurna pemilihan.

Sampai saat ini, kata Masykur, dari wacana yang berkembang, belum ada perubahan atau ketambahan nama dari dua cawagub Sulteng yang sudah disepakati partai pengusung yakni Zainal Daud dan Hidayat Lamakarate.

Soal mengapa kedua nama itu belum juga diajukan oleh gubernur ke DPRD untuk segera diproses, Masykur mengaku tidak tahu persis.

Sebelumnya, Muhammad Hidayat Lamakarate dan Zainal Daud ditetapkan menjadi calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang akan diajukan ke DPRD setempat oleh empat partai pengusung pasangan Longki Djanggola-Sudarto.

Keputusan itu dicapai dalam pertemuan yang kelima kalinya para pimpinan empat parpol yakni Gerindra, PBB, PKB dan PAN di rumah jabatan gubernur di Palu, Selasa (14/2) malam, dipimpin Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng Longki Djanggola.

DPRD Sulteng akan memilih wakil gubernur baru menggantikan posisi yang ditinggalkan H Sudarto yang meninggal dunia pada Oktober 2016.