Pemkab-Sigi tingkatkan peran dan fungsi OPD sebagai produsen data

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Badan Pusat Statistik ,Satu Data Indonesia

Pemkab-Sigi tingkatkan peran dan fungsi OPD sebagai produsen data

Sejumlah kepala OPD di Kabupaten Sigi mengikuti pembinaan statistik sektoral di wilayah itu. ANTARA/HO-DISKOMINFO Sigi

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkatkan peran dan fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai produsen data di wilayah itu.
 
Adapun untuk mendukung data statistik sebagai pendukung pembangunan daerah melibatkan secara langsung Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sigi.
 
"Salah satu yang dilakukan adalah melakukan penilaian diri sendiri untuk menilai kemampuan baik secara kelembagaan maupun individu dalam mendukung tersedianya data statistik yang akurat," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Mohamad Riyadh, Senin.
 
Ia mengemukakan kegiatan pembinaan statistik sektoral itu bertemakan Optimalisasi Satu Data Indonesia untuk Penyelenggaraan Statistik Sektoral yang Berkualitas di Kabupaten Sigi.
 
"Kepada seluruh OPD di Kabupaten Sigi bisa mengoptimalkan masing-masing peran serta fungsi dalam memproduksi data sektoral khususnya," ucapnya.
 
Kata dia, masing-masing OPD dan instansi terkait lainnya agar senantiasa berkoordinasi satu dengan lainnya
 
"Tentunya penting koordinasi dan komitmen masing-masing OPD dan instansi lainnya untuk mendukung serta terlibat dalam setiap tahap pembinaan yang dilakukan, sehingga kebutuhan data OPD/instansi dapat dipenuhi atau disediakan dengan baik," ujarnya.
 
Riyadh berharap pembinaan tersebut dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Sigi.
 
"Harapannya ke depan data yang dihasilkan akan lebih akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat diakses antarinstansi pusat dan daerah sehingga sejalan dengan tujuan Satu Data Indonesia," tuturnya.