Film Pertama Penangkapan Bin Laden Ditonton 2,7 Juta Orang

id Osama Bin Laden, Film,

"Jika film ini ditayangkan di bioskop pekan ini, bisa jadi ini menjadi film nomer satu di Amerika," kata Presiden National Geographic Channel Howard Owens.
Washington - Sekitar 2,7 juta orang menyaksikan tayangan perdana film pertama mengenai operasi pasukan Amerika Serikat, yang menewaskan Osama bin Laden, kata National Geographic Channel pada Senin.

SEAL Team Six: The Raid on Osama bin Laden menimbulkan kehebohan ketika diumumkan pada Oktober bahwa film itu akan ditayangkan di televisi berbayar Amerika hanya dua hari sebelum pemilihan umum presiden.

Apalagi, fakta bahwa jutawan Hollywood Harvey Weinstein, penyandang dana penting Presiden Barack Obama, berada di antara pendukung film aksi 90 menit itu.

National Geographic Channel yang merupakan bagian dari kerajaan media global tokoh konservatif media Rupert Murdoch, mengatakan SEAL Team Six merupakan acara dengan rating tertinggi mereka tahun ini, dan acara ke enam yang paling banyak disaksikan sepanjang sejarah mereka.

"Jika film ini ditayangkan di bioskop pekan ini, bisa jadi ini menjadi film nomer satu di Amerika," kata Presiden National Geographic Channel Howard Owens dalam sebuah pernyataan.

Potongan gambar Obama tampak sering muncul dalam film yang ditampilkan dalam bentuk dokumenter itu, namun sutradara John Stockwell membantah jika itu dapat mempengaruhi pemilih.

"Ini tidak pernah ditulis atau dibuat untuk tujuan itu," katanya dalam sebuah wawancara pekan lalu.

Netflix menambahkan SEAL Team Six dalam layanan mereka menjelang peluncuran film itu di pasar non Amerika Serikat. Film itu juga diputar ulang di National Geographic Channel pada Jumat.

Bin Laden, pemimpin Al Qaeda yang tewas, memerintahkan serangan 9/11 di New York dan Washington pada 2001. Kematiannya pada Mei 2011 di tangan militer AS merupakan saat bersejarah dalam periode pertama kepemimpinan Obama di Gedung Putih.

Sebuah film lain tentang perburuan bin Laden, Zero Dark Thirty karya sutradara Kathryn Bigelow, yang menang Piala Oscar untuk film perang Irak The Hurt Locker dijadwalkan tayang di bioskop umum pada Januari.(ANTARA/AFP)