6 tips tetap segar bugar selama puasa

id tips,ramadan,palu

6 tips tetap segar bugar selama puasa

Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi saat berceramah di Masjid Tolitoli pada Safari Ramadhan. (Antarasulteng.com/Humas Pemprov)

Palu (Antaranews Sulteng) - Selama berpuasa stamina dan kondisi tubuh akan menurun, selain itu ibadah puasa membuat pola makan berubah, setidaknya selama satu bulan penuh.

Berikut 6 tips Dinas Kesehatan Kota Palu agar tubuh tetap kuat dan bugar selama menjalani ibadah puasa.

Kepala Dinkes Palu Royke Abraham mengatakan tips pertama; umat agar mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein saat sahur. 

"Oleh karena itu sangat penting mengonsumsi protein dan serat agar rasa kenyang bertahan lebih lama. Protein bisa didapat dari telur, keju, yogurt, kacang dan sejenisnya sedangkan serat dapat diperoleh dari sayur, buah dan biji-bijian," kata Royke, Selasa.

Kedua; hindari makan dengan jumlah berlebihan ketika berbuka puasa. Makanan saat berbuka juga perlu mengandung protein dan serat. Hindari makanan yang mengandung kalori yang berasal dari lemak padat dan gula tambahan.

Ketiga; konsumsi almond dan kurma. Puasa menyebabkan naiknya keinginan mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak yang berkontribusi pada kenaikan bobot tubuh sehingga direkomendasikan untuk mengonsumsi beberapa buah kurma atau almond sebagai camilan kaya kalori.

Keempat; umat Islam yang sedang berpuasa sebisa mungkin menghindari berada di bawah terik matahari langsung dan menghindari olahraga berat.

Kelima: sesuaikan kondisi tubuh saat berpuasa. Hal ini wajib bagi manula, penderita diabetes yang mengonsumsi obat untuk mengontrol kadar insulin, wanita hamil dan anak-anak pra-remaja.

Keenam: terapkan pola minum 8 gelas air putih per hari selama ramadan. Ini sesuai imbauan Kemeterian Kesehatan RI bagi Umat Islam yang menunaikan ibadah puasa.

"Satu gelas setelah bangun sahur, satu gelas selepas sahur, satu gelas saat berbuka puasa, satu gelas setelah salat magrib, satu gelas setelah makan malam, satu gelas setelah salat isya  dan satu gelas sebelum tidur," kata Royke lagi.