Sekda Hidayat: Atlet Sulteng harus bisa berprestasi di tingkat internasional

id POPDA,SUlteng,Sekda

Sekda Hidayat: Atlet Sulteng harus bisa berprestasi di tingkat internasional

Sekdaprov Sulteng Moh. Hidayat (kedua kiri) melepas balon tanda dimulainya Popda 2018 Provinsi Sulteng di Palu, Senin (23/7) (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)

Palu (Antaranews Sulteng) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H Mohamad Hidayat Lamakarate, M. Si berharap suau saat ada atlet yang berasal dari Sulawesi Tengah berprestasi di tingkat internasional sehingga dapat mengharumkan nama daerah.

Saat memberikan sambutan pada pembukaan Pekan Olahraga Plajar Daerah (Popda) Tingkat Provinsi Tahun 2018, Senin petang, Hidayat menyebut seorang pelari Lalu Mohamad Zohri berhasil mengharumkan nama  Indonesia pada kejuaraan dunia atletik junior 100 meter putra di Finlandia.

Pria kelahiran Lombok Nusa Tenggara Barat itu berhasil finish pertama dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Atas prestasinya tersebut ia dikenal banyak orang dan menjadi idola, bahkan Presiden Joko Widodo mengundang Zohri ke Istana. 

Ia mengatakan bahwa harapan akan prestasi olahraga mesti dilakukan dengan usaha yang cermat dan terukur. Salah satu usaha pemerintah daerah mewujudkannya adalah dengan terus melakukan pembinaan kepada atlet muda dan menyelenggarakan kompetisi di daerah seperti Popda. Melalui ajang ini diharapkan dapat melahirkan atlet berbakat dan berprestasi yang nantinya mengharumkan nama daerah Sulawesi Tengah. 

Hidayat optimistis bahwa sebagai daerah yang memiliki ciri kepulauan, Sulteng dapat membentuk dan mencetak atlet dimasa datang dengan mempersiapkan olahragawan sejak usia dini. Apalagi Sulawesi Tengah juga memiliki Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga (SMANOR), Pusat Pembinaan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pembinaan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) 

"Bapak gubernur menitipkan pesan kepada kita semua. mari kita tingkatkan prestasi olahraga kita, supaya Sulawesi Tengah juga memiliki atlet nasional dan internasional, dan mereka-mereka lahir, tidak lain dari event-event yang dimulai seperti sekarang ini. Manfaatkan momen ini dengan baik," ujarnya. 

Ketua Panitia Popda Sulteng 2018 Abdul Raaf Malik melaporkan Popda ini diikuti 465 atlet dari seluruh lkabupaten/kota kecuali Morowali, memperebutkan  77 medali emas, 77 perak dan 104 perunggu,  dijadwalkan berangsung hingga 27 Juli 2018.

Delapan cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi sepak bola, takraw, basket, voli, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, dan silat.

Pada 21-28 Oktober 2018 mendatang Sulawesi Tengah akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Wilayah 5 (Popwil) yang akan diikuti oleh kontingen dari tujuh provinsi. (Humas Pemprov Sulteng)