Pemkab Parimo ingin Paud berkontribusi besar dalam pengembangan SDM

id Parimo, pentas seni, wabub

Pemkab Parimo ingin Paud berkontribusi besar dalam pengembangan SDM

Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai saat menyampaikan sambutannya di kegiatan pentas seni Paud akhir tahun ajaran 2018-2019 di Kecamatan Tinombo Selatan. (Antaranews/Humas Penda)

Kita ingin dari sekarang anak-anak mulai diasah kemampuannya, bukan hanya di bidang seni, sehingga ketika sudah duduk di bangku sekolah selanjutnya mereka tidak canggung berhadapan dengan orang banyak
Parigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong berharap pendidikan anak usia dini (Paud) berkontribusi besar dalam pengembangan sumber daya manusia anak di daerah itu.  

"Saya ingin pendidikan anak usia dini dapat memberikan kontribusi besar, jelas dan terarah," kata Wakil Bupati Badrun Nggai dalam sambutannya di kegiatan pentas seni Paud akhir tahun ajaran 2018-2019 di Kecamatan Tinombo Selatan, Selasa (25/6).  

Badrun yang juga mantan Kepala Dinas Perhubungan Parigi Moutong ini mengatakan pendidikan keterampilan seni perlu diajarkan kepada siswa pendidikan usia dini mulai sekarang.

Menurut Badrun pentas seni merupakan bagian dari pendidikan yang didukung sejak usia dini sebagai bagian dari meningkatkan bakat anak. 

"Ini bagian dari pengembangan sumber daya manusia, mengasah kemampuan anak dan ini bagian dari pendidikan," katanya.

Baca juga: Parigi Moutong bangun sekolah paralayang

Dia mengatakan pendidikan usia dini secara kurikulum telah diatur pemerintah, olehnya setiap anak memiliki hak mendapatkan akses pendidikan di semua tingkatan.

Di era globalisasi, kata Badrun, persaingan semakin ketat, maka kehadiran pemerintah memfasilitasi, menyiapkan sarana dan prasarana memadai guna menunjang kemajuan pendidikan. 

"Seni bagian dari pendidikan, dalam sistem pendidikan kita, kegiatan seni masuk dalam ekstra kulikuler," tambahnya. 

Guna mendukung kemajuan pendidikan, paparnya, maka dibutuhkan kehadiran orang tua sebagai pilar utama pendidikan anak. Keluarga sebagai garis depan memiliki tanggung jawab.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong Adrudin Nur mengatakan, ke depan pentas seni akhir tahun harus diikuti seluruh siswa dimana kegiatan itu berlangsung. 

"Kita ingin dari sekarang anak-anak mulai diasah kemampuannya, bukan hanya di bidang seni, sehingga ketika sudah duduk di bangku sekolah selanjutnya mereka tidak canggung berhadapan dengan orang banyak," kata Adrudin. 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar