Industri Pariwisata Belanda Jual Indonesia di Eropa

id Belanda, Wisata, Tong-tong Fair

Dari Java ikut membantu dan mendukung mempromosikan obyek wisata Indonesia di Tong-tong Festival," ujar Robert dan Sifa Silvana Feddes yang ditemui di anjungan Kementerian Pariwisata dan EKonomi Kreatif Tong tong festival, Kamis."
Denhaag - Sejumlah industri pariwisata di Belanda seperti Dari Java, Smaragd dan Merapi, ikut mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Eropa di Tong tong Festival yang tengah berlangsung di lapangan Malieveld, Denhaag, 17-28 Mei 2012.

"Dari Java ikut membantu dan mendukung mempromosikan obyek wisata Indonesia di Tong-tong Festival," ujar Robert dan Sifa Silvana Feddes yang ditemui di anjungan Kementerian Pariwisata dan EKonomi Kreatif Tong tong festival, Kamis.

Pasar malam Indonesia maupun Tong-tong Festival ini dihadiri oleh orang yang mau mencicipi makanan Indonesia dan yang mau belanja serta wisatawan yang sedang berorientasi.

Menurut Sifa, pengalaman Dari Java sejak hari pertama pembukaan Tong-tong festival, meskipun bukan pasar pariwisata tetapi banyak yang berminat untuk berlibur ke Indonesia dan mencari banyak informasi tentang Indonesia untuk liburan pada bulan Juli 2012 dan 2013.  

Hingga saat ini Dari Jawa telah memiliki SGR Stichting Garantiefonds Reisgelden, semacam asuransi yang memberikan jaminan kepada wisatawan. SGR merupakan organisasi yang bertanggung jawab penuh untuk mengembalikan seluruh biaya atau uang wisatawan yang sudah keluar guna membayar biaya perjalanan pada satu biro perjalanan bila kemudian biro perjalanan itu gulung tikar.

Sebuah biro perjalanan akan mendapat kepercayaan penuh di pasaran jika sudah terdaftar sebagai anggota SGR.

Sementara itu Kasubdit Promosi Pariwisata Wilayah Eropa pada Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Molly Prabawaty mengatakan, bagi masyarakat Belanda, Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi karena banyak masyarakat Belanda yang keturunan Indonesia.

Namun begitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif masih tetap perlu melalukan promosi pariwisata di Belanda, khususnya di Tong Tong Fair yang tengah berlangsung di lapangan Madieval, Denhaag dari tanggal 17 hingga 28 mendatang. (ZG)