Pejabat Militer Diculik di Turki

id militer, culik, turki

Pejabat Militer Diculik di Turki

(ANTARA/M Agung Rajasa)

Ankara (antarasulteng.com) - Seorang perwira tentara diculik oleh organisasi gerilyawan terlarang Partai Pekerja Kurdi (PKK) pada Jumat malam di Turki tenggara, beberapa jam setelah bentrokan antara warga dan tentara menewaskan satu orang dan sembilan cedera, kata kantor berita swasta Dogan Sabtu.

Seorang seran polisi militer mengendarai mobil pribadi, ketika ia dihentikan dalam penyergapan oleh kelompok militan di jalan utama dekat desa Kayacik, Kota Kutu, Provinsi Diyarbakir, kata laporan itu.

Para gerilyawan PKK mengancam sersan itu dan kemudian menculiknya, menurut laporan tersebut.

"Bentrokan meletus antara pasukan keamanan dan sekitar 200 orang yang memprotes pembangunan fasilitas baru kepolisian di desa Kayacik untuk menggantikan yang sudah ada," kata Gubernur Diyarbakir Cahit Kirac, dan menambahkan bahwa satu orang tewas dan sembilan lainnya terluka dalam bentrokan.

Insiden yang tampaknya menjadi yang paling keras di wilayah tersebut sejak deklarasi gencatan senjata oleh Abdullah Ocalan, pemimpin partai terlarang Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang dipenjara pada Maret yang menyebabkan terus berlangsungnya konflik antara PKK dan pemerintah Turki, demikian Xinhua.