Pemkab Sigi maksimalkan program inovasi masagena tekan kemiskinan

id Pemkab Sigi,Sigi masagena,Wabup sigi,Samuel Pongi,Kemiskinan sigi

Pemkab Sigi  maksimalkan program inovasi masagena tekan kemiskinan

Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi memimpin rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah, di Sigi, Selasa. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memaksimalkan program inovasi daerah 'masagena' untuk pengentasan kemiskinan di daerah tersebut demi terciptanya kesetaraan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi salah satu upaya yakni membentuk tim terpadu masagena yang di dalamnya terdapat lintas organisasi perangkat daerah," ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi, dalam rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah di Sigi, Selasa.

Penanggulangan kemisikinan daerah dengan berbagai strategi, kata Samuel, menjadi program prioritas utama yang diselenggarakan dalam pembangunan daerah.

Karena, salah satu tujuan dari penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan daerah ialah untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, setiap organisasi perangkat daerah di Sigi yang tergabung dalam tim terpadu masagena, harus mengarusutamakan program yang menjurus pada pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"Tim terpadu masagena akan menjadi wadah penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan terintegrasi," ujar Samuel Pongi.

Samuel Pongi menerangkan APBD Kabupaten Sigi sangat terbatas. Akan tetapi, keterbatasan APBD tidak harus menjadi penghalang dalam memaksimalkan program prioritas pengentasan kemiskinan daerah.

"APBD Kabupaten Sigi yang sangat terbatas harus mampu mengakomodir program-program penanggulangan kemiskinan, minimal melalui pemberian bantuan sosial, secara adil dan merata," ungkapnya.

Melalui pembentukan tim ini, program-program bantuan sosial bagi masyarakat akan terintegrasi sehingga tidak ada tumpang tindih pemberian bantuan, dan sasarannya benar-benar sampai kepada masyarakat yang memang membutuhkan, tambahnya.
Rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah, di Sigi, Selasa. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)