PLN: Pemadaman Listrik Karena Tiga Mesin PLTD Rusak

id pln

PLN: Pemadaman Listrik Karena Tiga Mesin PLTD Rusak

Manager PT PLN Area Palu Novalince (fajar.co.id)

Kami sedang berusaha memperbaikinya agar cepat kembali beroperasi
Palu,  (antarasulteng.com) - PT PLN Area Palu, Sulawesi Tengah, menyatakan pemadaman listrik yang melanda daerah itu dalam beberapa pekan terakhir dikarenakan tiga unit mesin Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Silae rusak.

"Kami sedang berusaha memperbaikinya agar cepat kembali beroperasi," kata Manager PT PLN Palu Novalince Pamuso di Palu, Senin.

Akibat tidak beroperasinya ketiga mesin pembangkit tersebut, sistem kelistrikan Palu, Donggala, Parigi dan Sigi (Palapas) mengalami defisit daya cukup besar.

Ia menegaskan bahwa pemadaman bergilir masih terus berlanjut hingga batas waktu belum diketahui.

Bahkan, kata dia, pertengahan Maret 2016 ini dua unit mesin pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang selama ini menyuplai daya sekitar 24 megawatt (MW) akan menjalani masa pemeliharaan.

Selama menjalani masa pemeliharaan, praktis PLTU tidak bisa menyuplai daya. Itu berarti sistem kelistrikan Palapas akan kekurangan daya.

"Otomatis pemadaman akan terjadi, meski tiga mesin PLTD Silae sudah kembali nornal," katanya.

Bahkan, kata dia, diperkirakan pemadaman tersebut akan lebih besar dari sekarang ini.

Sementara Manager PLTD Silae Janitka membenarkan ada tiga unit mesin yang rusak dan sedang dalam perbaikan.

Ketiga mesin yang rusak itu adalah mesin unit 8,9 dan 10. Mesin-mesin itu, kata dia, merupakan pembangkit yang menghasilkan daya cukup besar diantara semua mesin PLTD yang ada di Silae.