KPU Kabupaten Sigi bentuk Desa Sadar Pemilihan Umum

id kpu sigi,pemkab sigi,wabup sigi,samuel pongi,pemilu 2024,desa sadar pemilu

KPU Kabupaten Sigi  bentuk Desa Sadar Pemilihan Umum

KPU Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 75 orang anggota PPK Pemilu berlangsung di Palu, Rabu (4/1/2023) (ANTARA/HO-Awal)

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, membentuk Desa Sadar Pemilihan Umum (Pemilu) sebagai upaya mengenalkan pemilu kepada masyarakat untuk  meningkatkan partisipasi warga pada Pemilu 2024.

"Iya, Desa Sadar Pemilu dan pemilihan dibentuk tahun 2023 ini," kata anggota KPU Kabupaten Sigi Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Anhar Lasingki, di sela-sela Pelantikan Anggota PPK Pemilu se-Kabupaten Sigi, di Palu, Rabu.

Anhar mengatakan Desa Sadar Pemilu akan dibentuk di setiap kecamatan yang selanjutnya menjadi percontohan bagi desa-desa lain dalam mendorong pelibatan masyarakat menyukseskan pemilu.

"Desa Sadar Pemilu ini, salah satu perannya terkait dengan sosialisasi pendidikan politik dan pemilu," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pembentukan Desa Sadar Pemilu akan diikutkan dengan peningkatan kapasitas kader Desa Sadar Pemilu dan komponen masyarakat mengenai kepemiluan.

"Salah satu muatannya adalah mengenai pencegahan politisasi SARA," ujarnya.

Terkait hal itu, Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menyatakan bahwa pendidikan politik sangat penting dilakukan secara masif di masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada mereka mengenai pentingnya pemilu.

"Namun pendidikan politik yang dilakukan adalah pendidikan yang merepresentasikan kepentingan masyarakat," ujarnya.

Samuel mengatakan bahwa Pemkab Sigi mendukung KPU untuk bersama-sama meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pemilu guna meningkatkan kualitas pemilu.

"Pengawalan dan partisipasi pemilu inklusif yang melibatkan semua komponen masyarakat penting untuk meningkatkan demokrasi yang lebih baik," ujarnya.
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi memasuki ruangan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah 75 orang anggota PPK Pemilu berlangsung di Palu, Rabu (4/1/2023) (ANTARA/HO-Awal)