DSLNG gelar upacara peringati bulan K3 nasional 2023 dengan pencapaian kinerja baik

id dslng,bulan k3,sulteng,kabupaten bangai

DSLNG gelar upacara peringati bulan K3 nasional 2023 dengan pencapaian kinerja baik

Memperingati Bulan K3 Nasional 12 Januari-12 Februari, PT DSLNG menggelar upacara K3 yang diikuti para karyawan dan juga seluruh kontraktor serta TNI-Polri di lingkungan kerja Kilang DSLNG di Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Selasa (17/1). (Foto ANTARA/HO-Humas DSLNG)

Palu (ANTARA) - Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 12 Januari-12 Februari, PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) menggelar upacara K3 yang diikuti para karyawan dan juga seluruh kontraktor serta TNI-Polri di lingkungan kerja Kilang DSLNG di Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Selasa (17/1).

Direktur Operasi DSLNG Betantyo Madyantoro dalam sambutannya sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah menekankan bahwa keselamatan dan kesehatan para pekerja menjadi hal utama yang terus diperhatikan. Untuk dapat dikatakan sebagai pekerjaan yang layak, maka diharapkan dapat memenuhi tiga kondisi. Pertama, tersedia bagi semua orang pada usia produktif tanpa kecuali. Kedua, semua pekerja terlindungi secara sosial. Dan ketiga, semua pekerja tersalurkan suara dan aspirasinya.
Direktur Operasi DSLNG Betantyo Madyantoro (Foto ANTARA/HO-Humas DSLNG)


Disebutkan, pada Presidensi G20 Indonesia bidang ketenagakerjaan telah menghasilkan lima dokumen penting. Salah satunya yang berisi kesepakatan para negara anggota untuk memberikan perlindungan tenaga kerja yang adaptif bagi semua pekerja dalam menghadapi perubahan dunia kerja dengan memperhatikan tiga determinan utama, yaitu cakupan perlindungan tenaga kerja, tingkat perlindungan, dan tingkat kepatuhan.
 
Peringatan Bulan K3 Nasional di PT DSLNG (Foto ANTARA/HO-Humas DSLNG)

“Saya mengajak semua hadirin untuk memaknai Bulan K3 Nasional 2023 dengan meningkatkan komitmen semua pihak untuk melakukan akselerasi berbudaya K3. Untuk itu saya sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan serta aktif dalam mengembangkan, mempromosikan, serta membudayakan K3,” kata Betyanto.
 
Ia juga menyebutkan, sejumlah pencapaian DSLNG dalam hal keselamatan dan Kesehatan kerja saat ini yaitu, DSLNG telah mencapai 35.196.245 jam kerja aman hingga Januari 2023. Vaksinasi primer telah mencapai 100 persen pada Agustus 2021, serta vaksinasi booster pertama telah mencapai 100 persen di bulan September 2022. Sementara pencapaian vaksinasi booster kedua telah mencapai 46 persen dan masih diteruskan.
Peringatan Bulan K3 Nasional di PT DSLNG (Foto ANTARA/HO-Humas SNLNG)

Pencapaian selanjutnya yaitu selama tiga tahun pandemi, DSLNG mampu menjaga operasi Kilang LNG tanpa gangguan karena COVID-19. Tidak hanya itu, tahun 2022 DSLNG berhasil mempertahankan profer biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang merupakan cerminan bahwa perusahaan telah menaati semua peraturan lingkungan. DSLNG pun berhasil mempertahankan sertifikat ISO14001 yang membuktikan bahwa perusahaan telah menjaga sistem manajemen lingkungan yang baik.
 
Atas pencapaian kinerja K3 yang baik ini, manajemen DSLNG memberikan sertifikat apresiasi kepada seluruh jajaran mitra kontraktor atas kinerja baik di lingkup perusahaan.
 
Selain menggelar upacara, memperingati Bulan K3 Nasional, DSLNG pun menggelar banyak kompetisi untuk karyawan dan para mitra, di antaranya adalah lomba proposal program QHSE, lomba menggambar tempat sampah, kuis film, kompetisi pre-use inspection kendaraan, dan kompetisi first aid. Semua rangkaian kegiatan ini akan ditutup dengan acara penutupan Bulan K3 yang akan dilaksanakan di tanggal 14 Februari 2023. 
Pewarta :
Editor : Andilala
COPYRIGHT © ANTARA 2023