Perum-Damri Cabang Palu siapkan enam bus angkutan mudik Lebaran

id Damri,Angkutan mudik ,Lebaran 2023,Mudik,Palu,Sulteng

Perum-Damri Cabang Palu siapkan enam bus angkutan mudik Lebaran

Perum Damri di Jalan Diponegoro, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (10/4/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri Cabang Palu, Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan enam bus untuk mengangkut penumpang atau masyarakat yang akan mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.
 


"Kami dari Palu sendiri mempersiapkan empat unit bus dan nanti akan ditambah dua unit bus dari Cabang Gorontalo," kata Manajer Usaha Perum Damri Cabang Palu, Sudarmanto di Palu, Senin.


 


Ia mengatakan, pihak Damri juga telah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah dalam program mudik gratis untuk melayani angkutan penumpang ke beberapa kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah.


 


Sudarmanto menjelaskan untuk kapasitas rata-rata penumpang setiap busnya yakni sekitar 22 hingga 25 orang dengan bus pelayanan menggunakan Air Conditioner (AC) atau non ekonomi. Adapun beberapa tujuan daerah pemberangkatan untuk mudik gratis tersebut yakni rute atau tujuan Palu-Buol, Palu-Tolitoli, dan Palu-Luwuk.


 


"Untuk angkutan program mudik gratis nanti akan dilaksanakan pada tanggal 16 April," katanya.


 


Sudarmanto juga mengemukakan, pihaknya telah siap mengangkut penumpang yang akan mudik dikarenakan telah dilakukan pengecekan internal secara bertahap terhadap bus yang akan digunakan untuk melayani calon penumpang yang akan mudik Lebaran.


 


Dia menambahkan, untuk lonjakan penumpang diperkirakan akan mulai terjadi di H-4 Lebaran 2023. Menurut dia, untuk saat ini, pembelian tiket untuk bus Damri sendiri masih relatif stabil.


 


Namun, dia memprediksi akan adanya kenaikan jumlah penumpang di tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena pencabutan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) oleh pemerintah. 


 


"Kami prediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang tahun ini dikarenakan PPKM sendiri sudah mulai dicabut, atau naik sekitar 40 persen," katanya 


 


Dia juga mengimbau kepada calon penumpang untuk tetap mematuhi aturan perjalanan selama mudik yakni minimal telah melakukan vaksin ketiga atau booster.