Dinkes Kota Palu sasar sebanyak 2.940 bayi dapatkan vaksinasi Rotavirus

id Dinkes Kota Palu,Imunisasi Rotavirus ,Cegah diare,Kota Palu,Sulteng

Dinkes Kota Palu sasar sebanyak 2.940 bayi dapatkan vaksinasi Rotavirus

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2PKL) Dinkes Kota Palu Sitti Rachmah. (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu, Sulawesi Tengah menyasar sebanyak 2.940 bayi untuk mendapatkan vaksinasi Rotavirus (RV) guna mencegah sakit diare berat pada anak.
 
"Pemberian vaksinasi RV sangat penting untuk mencegah dampak fatal terhadap balita apabila terkena diare, sehingga pemerintah melaksanakan program imunisasi nasional Rotavirus," kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2PKL) Dinkes Kota Palu Sitti Rachmah di Palu, Selasa.


 
Ia menyampaikan pemberian vaksin RV dilakukan sebanyak tiga dosis dengan dosis pertama untuk bayi usia 2 bulan, terhitung bayi lahir mulai 16 Mei 2023, dosis kedua pada usia tiga bulan dan dosis ketiga usia empat bulan dengan pemberian lima tetes setiap imunisasi.
 
Ia mengatakan untuk menyasar 2.940 bayi mendapatkan vaksin RV dengan realisasi 100 persen, pemberian vaksin RV dilakukan di setiap posyandu dan bisa didapatkan di setiap puskesmas di Kota Palu mulai Agustus ini.
 
Menurut dia, diare pada bayi berusia dua, tiga, dan empat bulan bisa menjadi masalah jika tidak dicegah dan ditangani, karena akan menyebabkan  mengalami dehidrasi yang bisa berakhir pada kematian.
 
Selain itu, diare juga dapat menimbulkan masalah stunting pada anak, karena zat mikro yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh hilang karena infeksi diare yang berulang.
 
 
Oleh karena itu, dia mengajak orang tua untuk berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi gratis dan mendapatkan imunisasi lengkap bagi anak.
 
"Pemberian imunisasi ini aman diberikan untuk bayi dan diberikannya imunisasi RV membuat bayi dan balita tumbuh sehat, serta bebas dari penyakit diare di daerah kita," katanya.
 
Ia menambahkan agar masyarakat tidak perlu khawatir dan takut, karena vaksin tersebut diberikan dengan cara ditetes.