KPU Kota Palu rampungkan pelipatan empat jenis surat suara pemilu

id KPUpalu, logistik, surat suara, pemilu, Idrus, sulteng

KPU Kota Palu rampungkan pelipatan empat jenis surat suara pemilu

Dok- Petugas sedang melipat surat suara Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) di gudang logistik KPU Kota Palu untuk Pemilu 2024, Rabu (20/12/2023). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah(Sulteng telah merampungkan penyortiran dan pelipatan empat jenis surat suara untuk Pemilu 2024.

"Empat jenis surat suara yang telah tersortir dan terlipat yakni surat suara DPDRI, DPR, DPRD provinsi, presiden dan wakil presiden," kata Ketua KPU Kota Palu Idrus di Palu l, Jumat.

Ia menjelaskan, saat ini masih ada satu jenis surat suara belum di sortir dan dilipat yakni surat suara untuk DPRD kota, dan saat ini KPU Palu sedang menyusun jadwal.

Pelipatan logistik surat suara dilaksanakan pada Desember 2023, yang mana KPU setempat menggunakan tenaga mahasiswa dan pelipatan terlaksana sesuai target.

Masing-masing jenis surat suara berjumlah 277.069 lembar, terdiri dari 271.124 di antaranya surat suara digunakan pada saat pemungutan suara di TPS sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dan sisanya 5.945 lembar disiapkan untuk cadangan atau tambahan 2 persen.

"Estimasi waktu pelipatan berbeda-beda, ini dilakukan guna mempermudah proses sortir dan menghindari supaya tidak tercecer. Dalam waktu dekat segera menyusul pelipatan surat suara DPRD kota," ujar Idrus.

Ia mengemukakan, sejauh ini tidak ada kendala dalam proses sortir dan pelipatan, karena gudang logistik KPU cukup memadai sehingga pekerja tidak terganggu.

KPU setempat juga memastikan semua jenis kebutuhan logistik digunakan saat pemungutan suara di TPS nanti tersedia.

"Apa yang menjadi kebutuhan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tentunya akan di penuhi, ini menyangkut kelancaran dan kesuksesan proses pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara di TPS," ucapnya.