Polres Sigi pastikan pengamanan Kamtibmas jelang Idul Fitri

id Kapolres Sigi ,Kabupaten Sigi ,Rakor lintas sektoral ,Hari Raya Idul Fitri 2024,Polres Sigi pastikan pengamanan untuk Ka

Polres Sigi pastikan pengamanan Kamtibmas jelang Idul Fitri

Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak (dua kiri) saat memimpin rapat koordinasi lintas sektoral pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2024. (ANTARA/HO-HUMAS Polres Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), memastikan kesiapan satuan pengamanan dalam mewujudkan Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024.
 


"Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral ini melibatkan berbagai unsur TNI, pemerintah daerah dan stakeholder lainnya untuk memastikan kesiapan satuan pengamanan dan para pemangku kepentingan dalam menghadapi dinamika kamtibmas menjelang, saat dan pasca perayaan Idul Fitri tahun 2024 di Kabupaten Sigi, " kata Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak di Sigi, Senin.

 

Dia mengemukakan pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi lintas sektoral tingkat kementerian dan lembaga pada akhir Maret 2024.

 

"Harapannya rakor ini dapat meningkatkan sinergitas antara berbagai pihak stakeholder terkait serta mitra kamtibmas lainnya, sehingga memberikan kelancaran dan rasa aman kepada masyarakat dalam perayaan Idul Fitri," ucapnya.

 

Reja menambahkan, pengamanan hari raya Idul Fitri akan dilaksanakan dengan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2024 selama 13 hari sejak tanggal 4 sampai 16 April mendatang.

 

"Operasi ketupat nantinya melibatkan TNI-POLRI, Damkar dan Satpol PP Sigi, Senkom, Kesbangpol, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan Sigi," ujar AKBP Reja.

 

Kata Reja, pelaksanaan operasi ketupat di Kabupaten Sigi membuka enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan dengan melibatkan 93 personel Polres Sigi.

 

"Kendaraan patroli, Damkar, ambulans, serta peralatan dan perlengkapan lainnya juga akan disiapkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama operasi ketupat," tutur Reja.

 

Dia berharap semua pihak bersama-sama menjaga kondusivitas kamtibmas selama pelaksanaan operasi tersebut.

 

"Harapannya semua pihak memiliki persepsi yang sama untuk bersama-sama saling mendukung dalam menjaga kondusivitas kamtibmas dan keselamatan serta kenyamanan masyarakat selama perayaan Idul Fitri tahun 2024," kata Kapolres Sigi.

 

Dalam rakor lintas sektoral itu dipimpin langsung Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak dengan dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sigi Andi Aco, perwakilan dari Kodim 1306 Kota Palu, Kajari Donggala, dan stakeholder terkait lainnya.