Debat kedua pilkada Donggala bahas pelayanan publik

id Donggala

Debat kedua pilkada Donggala bahas pelayanan publik

Deklarasi kampanye damai pilkada Kabupaten Donggala (FOTO ANTARA/Muhammad Hajiji)

Donggala,  (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah segera menggelar debat publik calon bupati/wakil bupati putaran kedua dengan topik penyelesaian pelayanan publik di daerah itu.

"Topik atau tema yang menjadi fokus debat kedua yaitu peningkatan pelayanan publik dan menyelesaikan persoalan daerah di Donggala," kata Komisioner KPU Donggala Bidang Sosialisasi, Nawir Pagessa, di Banawa, Rabu.

Dia mengatakan pelaksanaan debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Donggala akan digelar 20 April 2018 di Kecamatan Labuan.

Selanjutnya, sebut dia, debat ketiga akan dilaksanakan di ibu kota Kabupaten Donggala dengan topik integrasi pembangunan daerah di kabupaten tersebut yang di topang pembangunan keluarga berkualitas berlandaskan nilai-nilai kebangsaan untuk perkuat NKRI.

Nawir mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar debat pertama diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan topik memajukan pembangunan daerah untuk kesejahteraan masyarakat di Donggala.

Nawir menguraikan, KPU telah menetapkan lima tim pakar dalam debat kandidat. yakni Maulud Mulyono, Uswatun Hasanah, Lukman Nadjamuddin, Syamliok Ndobe dan Muzakir Tawil.

Ia mengemukakan KPU telah menetapkan dua moderator untuk debat kandidat yaitu Abdullah Iskandar dan Dewi Rana Amel.

KPU berharap pasangan calon bupati dan wakil bupati Donggala dapat bersaing dengan mematangkan, mempertajam visi dan misi pada Pilkada serentak 2018 di kabupaten tersebut.

"KPU berharap semua pasangan calon bupati dan wakil bupati serta seluruh tim pemenangan agar mewujudkan kualitas demokrasi yang lebih baik pada proses pilkada Donggala," ujarnya.

Pilkada serentak Kabupaten Donggala diikuti empat pasangan calon yang diusung oleh partai politik yaitu Kasman Lassa/Moh Yasin (Sakaya), Anita B Noerdin/Abdul Rahman (Ar Rahman), Vera E. Laruni/Taufik M. Burhan (Vegata).

Sementara pasangan dari jalur perseorangan yaitu Idham Pagaluma/Moh Yasin Latakan.