Swiss hancurkan Belgia dengan kemenangan 5-2

id swis,belgia

Swiss bangkit dari kemasukan dua gol untuk mengalahkan semifinalis Piala Dunia Belgia dengan skor 5-2 dalam pertandingan Liga A Grup 2 Nations League yang dimainkan di Swissporarena, Lucern, pada Senin dini hari WIB (uefa.com)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Haris Seferovic mengukir trigol ketika Swiss bangkit dari kemasukan dua gol untuk mengalahkan semifinalis Piala Dunia Belgia dengan skor 5-2 dalam pertandingan Liga A Grup 2 Nations League yang dimainkan di Swissporarena, Lucern, pada Senin dini hari WIB, dan melaju ke empat besar turnamen tersebut dengan penampilan meyakinkan.



Seperti dilansir laman resmi UEFA, Belgia, yang menelan kekalahan kedua di pertandingan kompetitif sejak Piala Eropa 2016, menebar ancaman untuk mempermalukan Swiss ketika Thorgan mengemas dua gol dalam rentang waktu 17 menit, gol pertama didapat berkat memanfaatkan kesalahan Nico Elvedi pada menit kedua.



Namun Swiss mampu bangkit untuk memimpin 3-2 saat pergantian babak, melalui penalti Ricardo Rodriguez dan dwigol Seferovic sebelum Elvedi menebus kesalahannya dengan menanduk bola untuk menjadi gol yang membuat keunggulan mereka semakin besar pada menit ke-62, dan kemudian Seferovic menambahi gol kelima.



Kedua tim selevel di puncak klasemen Grup 2 di Liga A -- strata tertinggi -- dengan sembilan poin, dan Swiss lolos karena memiliki catatan head to head yang lebih baik setelah menang 2-1 atas Belgia di Brussel.



Memerlukan kemenangan 1-0, 2-1, atau dengan keunggulan dua gol, Swiss -- yang dikalahkan Qatar dengan skor 0-1 dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung pada Rabu -- mengawali laga dengan buruk pada pertandingan ke-50 Vladimir Petkovic mengarsiteki mereka.



Bola operan Belgia yang tidak berbahaya ke kotak penalti mendarat di kaki Elvdi, yang secara ceroboh mendefleksikannya ke jalur pergerakan Hazard, yang kemudian tanpa kesulitan menaklukkan kiper Yann Sommer.



Meski tidak diperkuat sejumlah pemain kunci, termasuk Romelu Lukaku dan Kevin de Bruyne, Belgia mampu dengan cepat memperbesar keunggulan mereka.



Hazard, yang bermain bersama abangnya Eden, mendapat operan di lini tengah, bergerak ke depan ketika Elvdi dan Rodriguez lengah dan melepaskan tembakan mendatar melewati Sommer dari tepi kotak penalti.



Pertandingan ini terlihat akan berlangsung berat sebelah, namun Swiss bisa sedikit bernafas lega pada menit ke-26 ketika Kevin Mbabu terjatuh pada kemelut di mulut gawang dan Rodriguez sukses mengonversi penalti.



Hal itu benar-benar mengubah arah permainan dan lima menit kemudian, Rodriguez mengirimkan bola tinggi ke area pertahanan lawan, yang kemudian disundul Xherdan Shaqiri menuju arah pergerakan Seferovic untuk dicetak menjadi gol dari jarak dekat.



Swiss bahkan mampu berbalik memimpin satu menit sebelum turun minum dengan gol yang diawali dari tendangan sudut Belgia.



Swiss menyapu bola, menggebrak, dan menemukan Edimilson Fernandes di sektor kanan, di mana ia mengembalikan bola ke kotak penalti untuk disambar Seferovic menaklukkan kiper Belgia Thibaut Courtois.



Tuan rumah masih memerlukan satu gol lagi, dan gol itu didapat pada menit ke-62 ketika Shaqiri, yang tampil gemilang, melepaskan umpan silang melengkung ke kotak penalti dan Elvedi menebus kesalahan yang sempat dilakukannya dengan menanduk bola untuk menjadi gol.



Seferovic yang tidak terkawal memastikan kemenangan Swiss dengan menanduk umpan silang Mbabu saat pertandingan menyisakan enam menit.



Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:



Swiss (4-4-1-1): Sommer, Mbabu, Elvedi, Klose, Rodriguez, Fernandes, Xhaka, Freuler (Zakaria 79'), Zuber (Benito 87'), Shaqiri, Seferovic (Ajeti 90')



Belgia (3-4-3): Courtois, Alderweireld, Kompany, Boyata, Meunier (Origi 90'), Tielemans, Witsel, Chadli (Batshuayi 65'), Thorgan Hazard, Mertens, Eden Hazard

Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar