AS Tuduh China Lancarkan Aksi Spionase

id AS, China, spionase

AS Tuduh China Lancarkan Aksi Spionase

China (reuters)

Singapura (antarasulteng.com) - Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel menuding China telah melancarkan aksi spionase siber terhadap AS, sehingga menambah tekanan bagi Beijing menjelang pertemuan puncak pemimpin kedua negara.

Pimpinan Pentagon itu dalam sebuah forum keamanan di Singapura, Sabtu, yang dihadiri oleh pejabat militer China, dengan tajam menyalahkan pemerintah China dan angkatan bersenjatanya atas upaya berulang untuk memasuki sistem informasi sensitif AS.

"AS telah mengungkapkan keprihatinan terkait meningkatnya ancaman intrusi di dunia maya, beberapa diantaranya tampaknya terkait dengan pemerintah dan militer China," katanya dalam konferensi tahunan The Shangri-La Dialogue yang dilansir AFP.

Hagel mendesak Beijing untuk mematuhi "norma-norma internasional untuk perilaku di dunia maya yang bertanggungjawab", dan menyatakan bahwa pembentukan kelompok kerja bersama dalam keamanan siber merupakan langkah positif untuk meningkatkan dialog.

Konferensi di Singapura itu digelar menjelang pertemuan antara Presiden AS Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping pada 7-8 Juni di California, pertemuan pertama antara pemimpin kedua negara sejak Xi terpilih menjadi presiden pada Maret.