Tiga Pasangan Cawabup Donggala Didukung Parpol Ganda

id cabub, donggala

...ketiga pasangan tersebut adalah Burhanuddin Lamadjido/Ta`rifin Masuara, Kasmuddin/Abubakar Al-Djufri dan pasangan Ilham Pettalolo/Kaharuddin.
Palu,  (antarasulteng.com) - Sebanyak tiga pasangan bakal calon bupati Donggala, Sulawesi Tengah, periode 2013-2018 menerima dukungan ganda dari partai politik pengusung, kata seorang penyelenggara pemilu.

Ketua KPU Donggala Mahfud Masuara di Palu, Rabu, mengatakan ketiga pasangan tersebut adalah Burhanuddin Lamadjido/Ta`rifin Masuara, Kasmuddin/Abubakar Al-Djufri dan pasangan Ilham Pettalolo/Kaharuddin.

Mahfud mengatakan KPU Donggala sudah memverifikasi dua partai politik yang memberikan dukungan ganda tersebut namun belum diputuskan mana yang sah.

Menurut dia, KPU Donggala sudah mengklarifikasi ke pengurus pusat Partai Demokrat soal dukungan ganda. DPP Partai Demokrat mengakui pengurus yang dipimpin oleh seorang pelaksana tugas sedangkan ketua definitif telah diganti.

Partai Demokrat mengajukan dua pasangan calon masing-masing pasangan Kasmuddin/Abubakar dengan pasangan Anita Nurdin/Abd Chair.

Kasmuddin/Abubakar direkomendasikan oleh pelaksana tugas ketua DPC Demokrat Donggala. Sementara Anita Nurdin/Abd Chair direkomendasikan oleh mantan Ketua DPC Demokrat yang oleh DPP partai itu mengatakan sudah diganti.

"Besok (Kamis, 4/7) kami akan konsultasikan lagi ke DPD Demokrat Provinsi. Setelah itu KPU baru mengambil keputusan mana yang dukungan sah dan mana yang tidak," kata Mahfud.

Partai lainnya yang juga mengusung ganda adalah Partai Patriot. Mahfud mengatakan KPU Donggala juga sudah mengklarifikasi ke DPP Patriot. Hanya saja, KPU masih ragu karena Sekjen Patriot dan Wakil Sekjen Patriot di Jakarta memberikan pendapat yang berbeda terhadap mekanisme pengajuan calon bupati.

Satu sisi mengatakan rekomendasi pengajuan bakal calon bupati hanya boleh ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris. Sementara satu sisi mengatakan boleh saja wakil sekretaris dengan ketua.

"Untuk memastikan itu kami akan agendakan bertemu lagi dengan Yapto, Ketua Umum DPP Patriot," kata Mahfud.

Dia mengatakan satu kepengurusan Patriot mengusung pasangan Kasmudin/Abubakar, satu kepengurusan lagi mengusung pasangan Burhanuddin Lamadjido/Ta`rifin Masuara.

Mahfud mengatakan berdasarkan hasil verfikasi sementara DPP Patriot mengakui sudah ada perubahan kepengurusan pada 2013.(SKD)