Gubernur minta Dinkes Sulteng segera rekrut relawan cegah COVID-19

id COVID 19,GUBERNU SULTENG,CORONA,LONGKI DJANGGOLA,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavi

Gubernur minta Dinkes Sulteng segera rekrut relawan cegah COVID-19

Gubernur Sulteng Longki Djanggola. (ANTARA/HO/Dokumen

Dinas terkait dapat membuka pendaftaran relawan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan
Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta Dinas Kesehatan di daerah itu untuk segera merekrut relawan  dalam rangka mencegah penyebaran virus COVID-19.

"Dinas terkait dapat membuka pendaftaran relawan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ucap Gubernur Sulteng di Palu.

Dalam keterangan tertulis Biro Humas Pemprov Sulteng, disebutkan bahwa Gubernur menyampaikan permintaan itu saat berdialog dengan puluhan tenaga medis, membahas pemaksimalan pencegahan dan penanganan penyebaran COVID-19, berlangsung di Dinas Kesehatan Sulteng, di Palu, Sabtu malam (21/3).

Dalam pertemuan itu, Gubernur menyampaikan bahwa Pemprov Sulteng telah mengambil beberapa langkah, guna mengantisipasi penyebaran virus corona di Sulawesi Tengah, dengan membatasi akses pintu masuk ke Sulawesi Tengah.

Termasuk, Pemprov Sulteng menempatkan petugas medis untuk melakukan pengecekan kesehatan, menggunakan scanner serta pendataan bagi mereka yang masuk ke Sulawesi Tengah.

Lewat pertemuan itu, Gubernur juga mempertanyakan kepada OPD terkait mengenai kelangkaan masker dan hand sanitaizer di pasaran. Gubernur meminta kepada distributor untuk segera mengadakannya.

Kepada tenag medis, Gubernur menyampaikan selamat berjuang dalam penanganan dan pencegahan virus COVID-19 untuk kemaslahatan umat dan bangsa.

Berkaitan dengan Kepala Dinas Kesehatan Sulteng dr Reny A Lamadjido mengakui bahwa pihaknya telah menurunkan tenaga ahli, di setiap pintu masuk ke Sulawesi Tengah.

"Kami juga melakukan pendataan dan pengecekan bagi mereka yang datang dan informasi calling center, apabila ada masyarakat yang memiliki gejala terjangkit virus Corona," kata Reny.

Sekaitan dengan rekrut relawan, menurut Reny, dapat dilakukan secara online dengan syarat dan kriteria yang telah ditentukan.

"Pada intinya marilah kita senantiasa menjaga pola hidup sehat, cuci tangan, makan makanan yang bergizi guna menjaga kesehatan dan imunitas tubuh tetap sehat," sebutnya.

Baca juga: Pemprov prioritaskan penyemprotan desinfektan di RS dan puskesmas
Baca juga: Pemkot Palu butuh dukungan lintas sektor cegah sebaran COVID-19
Baca juga: Ombudsman dukung langkah Gubernur Sulteng untuk mencegah COVID-19
Baca juga: Gubernur Sulteng terbitkan edaran pencegahan penyebaran COVID-19