Pemkab Sigi upayakan pemenuhan kebutuhan pangan warga

id PEMKAB SIGI,Bupati sigi,Pangan sigi,Corona,Covid-19

Pemkab Sigi  upayakan pemenuhan kebutuhan pangan warga

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyerahkan bantuan beras kepada warga di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah berupaya memenuhi kebutuhan pangan warga, utamanya beras, selama pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

"Semua ini harus diawali dengan data, maka kepala desa dan perangkat desa harus mendata warganya," ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta di Sigi, Selasa.

Pemkab Sigi mulai mendistribusikan bantuan beras kepada warga. Distribusi itu dilakukan langsung oleh Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta kepada warga di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola.

Pemkab Sigi mulai menyalurkan bantuan beras di tiga kecamatan, meliputi Sigi Biromaru, Dolo, dan Marawola.

Penyaluran bantuan beras tersebut telah dimulai pada Senin (27/4) atas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulteng.

"Saya berharap bantuan ini sampai langsung kepada masyarakat dan dapat meringankan beban masyarakat," kata dia.

Untuk kecamatan lainnya, kata dia, juga akan mendapat bantuan beras di mana saat ini sedang menunggu pengiriman beras dari Bulog Sulteng.

Sebelumnya, Kepala Perum Bulog Cabang Sulteng Miftahul Ulum menyampaikan bahwa ketersediaan beras di gudang Bulog mencapai 10.000 ton dan siap disalurkan ke sejumlah pemkab yang telah memesan di Bulog sehingga tidak menumpuk terlalu lama.

Ia mengemukakan ketersediaan beras saat ini sanggup mencukupi kebutuhan pangan selama Ramadhan dan Lebaran, bahkan sampai masa paceklik pada Juli dan Agustus mendatang.

Selain itu, tersedia 1.500 ton beras bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi Sulteng untuk masyarakat terdampak COVID-19 selama tiga bulan.

"Dalam waktu dekat ini, Bulog Sulteng juga akan menerima tambahan beras sebanyak 4.000 ton," kata Miftahul Ulum.

 
Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyerahkan bantuan beras kepada warga di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi)