KPU Sulteng minta cagub-cawagub tetap jaga nilai persaudaraan dalam debat

id Debat publik,KPU Sulteng,Tanwir Lamaming,Pemprov Sulteng,Pilgub Sulteng

KPU Sulteng minta cagub-cawagub tetap jaga nilai persaudaraan dalam debat

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming (Istimewa)

Kepada semua pasangan calon kami ucapkan selamat berdebat, selamat menuangkan gagasan pembangunan, namun tetap mengacu pada nilai persaudaraan dan kemanusiaan
Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meminta kepada calon gubernur dan wakil gubernur untuk tetap menjaga dan menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan kemanusiaan dalam proses debat kandidat.

"Kepada semua pasangan calon kami ucapkan selamat berdebat, selamat menuangkan gagasan pembangunan, namun tetap mengacu pada nilai persaudaraan dan kemanusiaan," ucap Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming, saat menyampaikan sambutan pada pembukaan debat pertama pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng, berlangsung di Palu, Sabtu malam.

Tanwir juga menyampaikan kepada masyarakat agar menyimak pemaparan visi dan misi dalam debat pertama pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng, yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta.

"Kepada seluruh warga Sulawesi Tengah selamat menyimak, untuk menentukan pilihan pada 9 Desember 2020," kata Tanwir Lamaming.

Tanwir menyebut, debat publik pertama, merupakan salah satu rangkaian kampanye yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman, pencerahan.

Selain itu, juga sebagai upaya menggali potensi calon, berdasarkan visi dan misi serta program yang ditawarkan oleh para calon.

KPU Sulteng, kata Tanwir mengakui bahwa para calon merupakan putera-putera terbaik yang dimiliki oleh Sulawesi Tengah.

"Lewat debat ini, mereka akan mengadu gagasan dan wawasan demi mendapatkan simpati pemilih, untuk menahkodai Sulteng lima tahun ke depan," ujarnya.

Tanwir juga mengutarakan bahwa, waktu yang disediakan dalam debat, mungkin tidak cukup untuk membahas semua persoalan daerah.

"Minimal, gagasan besar dari setiap calon menjadi entrypoin penyelesaian semua masalah tersebut," ungkap Tanwir.

KPU di semua tingkatan, kata Tanwir berkomitmen melaksanakan pilkada sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, serta berlandaskan asas jujur, adil dan bermartabat, serta mengedepankan integritas penyelenggara.

"Kemudian karena pelaksanaan pilkada bertepatan dengan pandemi COVID-19, maka pemberlakuan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 menjadi keharusan," ujarnya.

Debat pertama membahas mengenai pembangunan kesejahteraan, penyelesaian problem pembangunan dan penanganan COVID-19.