Polres Palu terapkan pengamanan berlapis debat publik kedua Pilkada

id Pengamanan, pilkada, palu

Polres Palu  terapkan pengamanan berlapis debat publik kedua Pilkada

Kabag Ops Polres Palu AKP Awaluddin Rahman (kanan) dan Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid (kiri) berbincang terkait persiapan pelaksanaan kegiatan debat publik putaran kedua peserta Pilkada Palu, di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (10/11/2020). (ANTARA/Sulapto Sali).

Palu (ANTARA) - Polres Kota Palu, Sulawesi Tengah, menerapkan pengamanan berlapis dalam mengawal pelaksanaan kegiatan debat publik putaran kedua peserta pilkada calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu 2021-2026.

Kabag Ops Polres Kota Palu AKP Awaluddin Rahman, di Palu, Selasa, mengatakan pihaknya mengerahkan sekitar 140 personel untuk mengamankan pelaksanaan debat publik terbuka putaran kedua ini.

Ia menjelaskan pola pengamanan berlapis dengan tiga ring, yaitu di ruang debat, seputaran hotel dan lokasi luar hotel tempat acara debat publik, dan pengamanan yang didukung Tim Jibom Satuan Brimob Polda Sulteng.

Ia juga mengimbau para pasangan calon pilkada Kota Palu agar tidak mengerahkan massa pendukung selain kandidat dan empat orang tim pemenangan seperti pada pelaksanaan debat publik putaran pertama.

“Kalau bukan peserta debat serta perwakilan yang ditunjuk, kami tidak akan izinkan masuk lokasi acara debat publik, dan polisi juga akan mengatur tamu undangan dan tamu hotel tempat acara itu,” katanya.

Sementara Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid mengatakan pelaksanaan debat publik putaran kedua ini akan dilaksanakan pada Rabu (11/11) pukul 15.00 Wita di salah satu hotel di Kota Palu.

Ia juga mengimbau para pasangan calon untuk tidak membawa iring-iringan massa pendukung saat pelaksanaan acara debat publik tersebut.

“Masa pendukung cukup menyaksikan melalui tautan di media sosial yang bisa di akses masyarakat, baik dari rumah maupun posko-posko pemenangan paslon, sehingga  massa atau tim pendukung tidak perlu ke lokasi acara debat publik,” ujarnya.

Ia menegaskan pelaksanaan kegiatan debat publik putaran kedua ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.


Pilkada Kota Palu diikuti empat pasangan calon, yaitu pasangan Aristan- Wahyudin nomor urut satu.

Pasangan Hadianto Rasyid – dr. Reny Lamadjido nomor urut dua. 

Pasangan Hidayat – Habsa Yanti Ponulele nomor urut tiga.

Pasangan Imelda Liliana – Arena JR Parampasi nomor urut empat.