Pemkab Sigi salurkan Rp17 miliar untuk pemulihan ekonomi

id pemkab sigi,samuel pongi,wabup sigi,bupati sigi,mohamad irwan,umkm sigi

Pemkab Sigi  salurkan Rp17 miliar untuk pemulihan ekonomi

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri) dan Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (kanan) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah menyalurkan dana sebesar Rp17 miliar untuk pemulihan ekonomi pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi COVID-19.

"Iya, salah satu yang menjadi prioritas Bupati Sigi Mohamad Irwan dan Wakil Bupati Samuel Yansen Pongi adalah pemulihan ekonomi bagi usaha mikro yang terdampak COVID-19," ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi di Sigi, Minggu.

Ia mengatakan dana Rp17 miliar itu untuk membantu UMKM yang terdampak COVID-19 di Sigi berjumlah 1.665 UMKM.

Intervensi itu, sebut dia, terlaksana atas kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM bersama Pemkab Sigi melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sigi.

Sektor UMKM, kata dia, menjadi satu sektor penentu ekonomi dalam situasi pandemi COVID-19, yang harus diberdayakan dan diintervensi oleh pemerintah agar tetap bertahan dalam situasi pandemi.

Oleh karena itu, Pemkab Sigi melakukan upaya membangun koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM sehingga dapat melakukan intervesi terhadap 1.665 UMKM.

"Jadi, ini tidak hanya akan selesai di 100 hari kerja kami, tetapi akan terus kami lanjutkan hingga selesai periode kami," katanya.

Sameul juga menguraikan bahwa Pemkab Sigi memberikan dukungan terhadap 75 UMKM yang terdampak bencana dengan nilai anggaran Rp150 juta.

"Kondisi ekonomi kita tetap terjaga karena kinerja OPD dalam memberdayakan UMKN dan usaha mikro," katanya.

Pemkab Sigi berharap bantuan kepada UMKM dapat dimanfaatkan dengan baik demi eksistensi UMKM dalam pemulihan ekonomi kala pandemi COVID-19.