Fasilitas isolasi terpadu di Asrama Haji Palu dibuka kembali

id tempat isolasi palu, penanganan pasien covid,penanggulangan covid

Fasilitas isolasi terpadu di Asrama Haji Palu  dibuka kembali

Arsip Foto. Seorang pengendara sepeda motor melintas di depan Gedung Asrama Haji Transit yang difungsikan sebagai tempat perawatan pasien COVID-19 di Kota Palu, Sulawesi Tengah. (ANTARA/Basri Marzuki)

Kota Palu (ANTARA) - Fasilitas isolasi terpadu untuk pasien COVID-19 di Asrama Haji Transit Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, dibuka kembali guna menghadapi kemungkinan terjadi lonjakan kasus infeksi virus corona.

"Sudah mulai dibuka kembali. Isolasi terpadu yang disiapkan itu adalah Asrama Haji dan sudah mendapatkan izin dari Kemenag," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Ilham di Kota Palu, Sabtu.

Ilham menjelaskan bahwa fasilitas isolasi terpadu disediakan bagi penderita COVID-19 berusia 40 tahun ke atas dan pasien COVID-19 yang mengalami gejala sedang hingga berat.

"Ini untuk yang bergejala sedang dan berat. Kalau usianya juga masih muda dan hanya bergejala ringan bisa isolasi mandiri," katanya.

Dia meminta warga Kota Palu tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona penyebab COVID-19, termasuk virus corona varian Omicron.

"Tetap patuhi protokol kesehatan 5M. Omicron ini penyebarannya sangat cepat," katanya.

Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah pada Jumat (18/2) jumlah akumulatif kasus COVID-19 di Kota Palu bertambah 147 menjadi total 10.099 kasus dengan jumlah penderita yang sudah sembuh seluruhnya 9.219 orang dan jumlah pasien yang meninggal dunia sebanyak 227 orang.