Pemkot Palu ajak warga jaga fasilitas penerangan jalan baru terpasang

id Pju, lampu jalan, penerangan jalan, Pemkotpalu, sulteng, dinas perumahan, Zulkifli, palu terang

Pemkot Palu  ajak warga jaga fasilitas penerangan jalan baru terpasang

Ilustrasi- Pekerja memperbaiki jaringan kabel lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di salah satu ruas jalan di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah,Rabu (22/12/2021). ANTARA/Basri Marzuki

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu mengajak warga di ibu kota Sulawesi Tengah menjaga fasilitas penerangan jalan umum yang baru terpasang di ruas jalan supaya umur lampu tersebut bisa lebih awet.
 
"Pemerintah telah memasang penerangan jalan, ini menjadi tanggung jawab merasa menjaga, tidak terkecuali masyarakat. Kita tidak ingin lampu yang sudah terpasang lalu sengaja di rusak, tentu ini perilaku tidak baik," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pemkot Palu Zulkifli pada rapat revitalisasi PJU di Palu, Senin.
 
Ia menjelaskan, revitalisasi PJU salah satu prioritas Pemkot Palu yang dituangkan dalam program Palu terang dengan tujuan kota ini semakin indah di malam hari, sekaligus menekan angka kriminal di jalan raya.
 
Ia memaparkan, pemasangan tersebut  lampu dimulai pada 15 Desember 2021 sudah menjangkau hampir semua kawasan perkotaan, khususnya jalur-jalur utama dengan ketersediaan 11.468 buah mata lampu.
 
"Pemerintah telah menyediakan fasilitas, dan manfaatnya tentu warga yang merasakannya. Fasilitas umum, untuk kepentingan publik, maka sudah sepatutnya menjaga fasilitas itu," ucap Zulkifli.
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Palu, Zulkifli. ANTARA/Moh Ridwan
Menurut dia, pasang baru dan penggantian mata lampu di jalan protokol menggunakan lampu LED sebagai upaya Pemkot Palu hemat energi, sebab mata lampu merkuri terpasang sebelumnya dinilai terlalu menguras energi listrik yang berdampak pada pembengkakan pembayaran biaya kelistrikan.
"PT Solarens Ledindo sebagai pihak ketiga mengklaim lampu yang dipasang hemat listrik," ujar Zulkifli.
 
Ia memaparkan, pemasangan PJU di Palu hingga kini kurang lebih 10.988 titik mata lampu, yang mana gang-gang juga akan disisir untuk pemasangan penerangan.
 
Masih ada 488 mata lampu digenjot pemasangan di wilayah-wilayah sasaran, dan diupayakan dapat rampung dalam waktu dekat.
 
"Berdasarkan data tahun 2019 pembayaran tagihan listrik PJU Kota Palu kurang lebih Rp3,6 miliar. Penggunaan mata lampu LED dapat menghemat beban tagihan, dan pihak perusahaan memberikan garansi 5 tahun pemakaian produk mereka," kata Zulkifli.