Pemkab Poso berharap dapat kerja sama DMI bina umat

id Dmi ,Dmi poso,Dmi sulteng,Verna inkriwang,Ahmad ali

Pemkab Poso berharap dapat kerja sama DMI bina umat

Bupati Poso Verna Inkriwang (kiri) menghadiri pelantikan pengurus PD DMI Kabupaten Poso, Rabu (1/6/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, berharap dapat bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Poso untuk percepatan pembangunan kemakmuran dan pembinaan umat.

"DMI menjadi mitra strategis pemerintah,"  ucap Bupati Poso Verna Inkriwang saat menyampaikan sambutan pada pelantikan pengurus PD DMI Poso periode 2022 - 2027, Rabu (1/6).

Verna berharap pengurus DMI Kabupaten Poso yang baru dilantik oleh Ketum PW DMI Sulteng Ahmad M. Ali, dapat melakukan inovasi untuk percepatan implementasi visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

"Kami menanti program inovasi  yang dilakukan oleh DMI Poso," kata Verna.

Verna menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Poso siap mendukung   dan bersinergi dengan DMI untuk pembinaan umat.

"Kami pemerintah daerah siap mendukung hal-hal baik yang dilakukan DMI Poso," ungkapnya.

Sementara itu Ketua PD DMI Poso M.  Abdu Umar dalam sambutannya menyatakan bahwa DMI Poso siap bersinergi dan mendukung program yang dicanangkan PW DMI Sulteng terkait dengan memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

Ia juga mengatakan bahwa DMI sebagai rumah bersama umat akan mengoptimalkan peran DMI sebagai pemersatu umat.

Berkaitan dengan itu Ketua Umum Pimpinan Wilayah DMI Ahmad M. Ali Sulteng mengemukakan DMI akan melakukan pengembangan fungsi masjid sebagai pusat pendidikan dan pemberdayaan ekonomi umat. 

"Sehingga masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah semata, melainkan juga menjadi tempat proses pembelajaran dan pemberdayaan ekonomi umat," ujar Ahmad Ali.

Implementasi pengembangan fungsi masjid, kata dia, dibutuhkan sinergisitas antar-multi pihak sehingga pembangunan kemakmuran umat dapat diwujudkan.

"Hal ini perlu diawali dengan memberikan pemahaman kepada umat, kepada masyarakat terkait dengan pengembangan fungsi masjid," kata dia.
Ketua Umum PW DMI Sulteng Ahmad M Ali melantik pengurus PD DMI Poso periode 2022 - 2027, di Poso, Rabu (1/6/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)