Rektor UIN minta organisasi mahasiswa agar fokus kembangkan kompetensi

id organisasi mahasiswa,uin palu,uin datokarama,ukm mahasiswa,rektor uin ,raker mahasiswa,sagaf pettalongi,Organisasi mahas

Rektor UIN minta organisasi mahasiswa agar fokus kembangkan kompetensi

Rektor UIN Datokarama Palu Profesor Sagaf S Pettalongi (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Profesor Sagaf S Pettalongi mengemukakan, organisasi mahasiswa di lingkup perguruan tinggi tersebut agar memfokuskan program kerja yang mengarah pada peningkatan kompetensi intelektual dan keterampilan.

"Organisasi mahasiswa di intra kampus baik itu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema), agar membuat program kerja yang besifat pembinaan kompetensi secara intelektual dan keterampilan," kata Profesor Sagaf, di Palu, Jumat.

UIN Datokarama Palu, kata dia, memberikan dukungan untuk kelancaran operasional organisasi mahasiswa, dengan memberikan dana pembinaan.

Dana tersebut diberikan kepada setiap organisasi mahasiswa di lingkup UIN Datokarama Palu senilai Rp20 juta per tahun. Dana ini, dapat dimanfaatkan oleh organisasi dengan mengajukan proposal kegiatan.

"Oleh karena itu, kegiatannya harus lebih diarahkan pada pembangunan kompetensi yang kemudian menjadi daya saing dan ikon dari setiap organisasi," ungkapnya.

Rektor juga meminta kepada semua organisasi kemahasiswaan agar bersinergi antara satu dengan yang lainnya, dalam rangka menopang implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi pada aspek pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

"Selain kegiatan - kegiatan ekstrakurikuler, organisasi juga perlu memantapkan kegiatan - kegiatan akademik yang dapat dilakukan secara kolaborasi, misalnya pada lingkup penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dapat disinergikan dengan program masing-masing fakultas," ujarnya.

"Mahasiswa harus terlibat dalam pengembangan akademik yang merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi," ungkapnya.

Rektor menekankan, sebagai mahasiswa perguruan tinggi Islam negeri, maka wajib berperilaku baik di tengah kehidupan sosial kemasyarakatan, demi menjaga nama baik perguruan tinggi tersebut.

Guru Besar sekaligus Pakar Manajemen Pendidikan ini mengemukakan mahasiswa merupakan perpanjangan atau representatif UIN di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, ujar dia, sebagai insan akademik berciri khas Islam, maka mahasiswa harus menonjolkan tata krama yang baik di tengah masyarakat.

Ia meminta kepada seluruh pengurus organisasi tingkat universitas baik itu Dema, Sema, dan UKM, agar menyosialisasikan hal ini kepada mahasiswa lainnya.
Rektor UIN Datokarama Palu Profesor Sagaf S Pettalongi menyampaikan sambutan pada rapat kerja organisasi mahasiswa. (ANTARA/HO-Kiswanto)