Mendagri setujui pembanngunan kantor perwakilan OPD Parigi Moutong

id Kantor perwakilan, Parigi Moutong, mendagri

Mendagri setujui pembanngunan kantor perwakilan OPD Parigi Moutong

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu (Antarasulteng.com/Rolex Malaha)

Parigi (Antara) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyetujui rencana pembangunan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Parigi Moutong,  Sulawesi Tengah terpusat di Kecamatan Tinombo. 

"Pembangunan kantor perwakilan OPD guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, " kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu di Parigi, Selasa.

Bupati menjelaskan, selain mendekatkan pelayanan, juga sebagai upaya pemerintah memudahkan masyarakat mengurus dokumen administrasi diperlukan mengingat wilayah kabupaten itu cukup luas mencapai 6.231 kilometer.

Samsurizal menyebut, kantor perewakilan OPD untuk menjangkau warga yang berada diwilayah utara, sedangkan untuk wilayah selatan tetap berada di Parigi sebagai ibu kota kabupaten. 

"Parigi Moutong memiliki 23 kecamatan  dan 200 desa, jika semua terpusat di Parigi pelayanan cukup memakan maktu. Kami ingin pelayanan publik maksimal, " harap purnawirawan TNI ini. 

Meski begitu, katanya, pembangunan kantor perwakilan perlu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, jika penganggaranya maksimal maka dilaksanakan, namun sebaliknya maka tidak bisa dilakukan. 

"Kami akan uji coba dulu, kalau anggarannya memadai diteruskan, jika tidak maksimal terpaksa tidak bisa dilaksaksankan," tambahnya. 

Dia mengaku, saat ini sudah ada sejumlah OPD mendirikan kantor perwakilannya di Kecamatan Tinombo diantaranya, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman,Badan Kesatuan Bangsa dan Politik termasuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Kantor perwakilan di pimpin minimal pejabat eselon III berdasarkan aturan dan mereka diberikan operasional untuk memudahkan pelayanan, " tutur Samsurizal.