Menakertrans Akan Resmikan Rumah Pintar Fatayat Sulteng

id Muhaimin, kemenakertrans

Menakertrans Akan Resmikan Rumah Pintar Fatayat Sulteng

Menakertrans Muhaimin Iskandar (ANTARA)

Palu,  (antarasulteng.com) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Muhaimin Iskandar akan meresmikan Rumah Pintar Fatayat Nahdlatul Ulama Sulawesi Tengah di Palu, Rabu (26/12).

"Kami sudah koordinasi dengan protokoler Gubernur Sulawesi Tengah tentang rencana kehadiran Pak Muhaimin besok di sini," kata Ketua Fatayat NU Sulawesi Tengah Zulfia Mansur, Selasa, di sela-sela persiapan peresmian rumah pintar tersebut.

Dia mengatakan, rumah pintar tersebut adalah yang pertama di Sulawesi Tengah yang dikelola oleh organisasi pemuda yakni Fatayat, sebuah organisasi perempuan badan otonom NU.

Dia mengatakan, rumah pintar tersebut adalah rumah pusat pendidikan masyarakat yang dipusatkan di Jalan Asam Kota Palu.

"Kami menyediakan lima sentra pendidikan, yakni audio visual, komputer, buku dan keterampilan," kata Zulfiah.

Dia mengatakan rumah pintar tersebut terbuka untuk semua masyarakat di Sulawesi Tengah di semua tingkat usia.

"Kami menyediakan tutor dan asisten tutor dari masing-masing sentra yang tersedia," katanya.

Dia mengatakan, usia dini sampai anak-anak sekolah dasar bisa menggunakan sentra bermain maupun audio visual. Untuk anak-anak SMP sampai SMA bisa memanfaatkan sentra buku, audio visual maupun komputer.

Sementara untuk usia dewasa bisa menggunakan fasilitas sentra kreatif, katanya.

"Untuk ibu-ibu, misalnya, bisa belanjar membuat kue dan sebagainya. Makanya kami juga menyediakan sentra kerajinan," kata Zulfiah.

Dia mengatakan, Rumah Pintar Fatayat NU yang ada saat ini bisa menampung hingga lima puluh orang peserta.

"Kami tidak memungut biaya pendaftaran," katanya.

Dia mengatakan, meskipun fasilitas yang ada saat ini adalah fasilitas sewa tetapi akan terus dikembangkan sehingga fasilitas yang ada di dalamnya bisa memenuhi kepentingan masyarakat untuk pengembangan kreativitasnya.

"Buku-buku yang tersedia misalnya beragam. Mulai dari buku agama sampai buku wirausaha," kata Zulfiah.

Rumah pintar tersebut, kata Zulfiah, akan dibuka dari pagi hingga sore hari. Meski demikian, ada sentra tertentu yang dibuka hingga malam hari seperti sentara buku.

"Kami akan siapkan fasilitas internet sehingga masyarakat nanti juga bisa memanfaatkan fasilitas itu secara gratis," katanya.

Dia mengatakan rumah pintar tersebut akan diresmikan Rabu (26/12) siang dan akan dihadiri pula Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.(A055/SKD)