Kantor Pos Palu Mulai Cairkan Dana PSKS

id kantor, pos

Kantor Pos Palu Mulai Cairkan Dana PSKS

Ilustrasi (Foto Antara)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kantor Pos Indonesia Cabang Palu, Sulawesi Tengah, mulai Selasa, pukul 10.00 WITA, mencairkan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) kepada masyarakat kurang mampu.

"Karena pengumuman mendadak, maka untuk tahap pertama ini kami baru bisa mencairkan dana itu kepada rumah tangga sasaran (RTS) untuk satu kelurahan di Palu," kata Kepala Kantor Pos Indonesia Arif Yudha Wahyudi, Selasa.

Ia mengatakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, penyaluran dana PSKS di Kota Palu diperuntukan bagi RTS di Kelurahan Lolu.

Penyaluran akan dilakukan mulai pukul 10.00 WITA sampai selesai.

Ia mengatakan ada sejumlah persyaratan yang harus dibawa warga yang akan mendapatkan bantuan tersebut antara lain membawa kartu perlindungan sosial (KPS), kartu tanda pengenal seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), SIM atau paspor atau surat keterangan domisili dari kelurahan/desa bagi warga yang belum punya KTP.

Besaran dana PSKS yang dialokasikan pemerintah pusat kepada warga miskin secara nasional sebesar Rp200.000/bulan/kk atau naik Rp50.000 dari bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

PSKS yang akan dicairkan saat ini untuk dua bulan (November-Desember 2014). "Jadi yang mereka terima masing-masing sebesar Rp400 ribu," katanya.

Pemerintah berharap masyarakat yang mendapatkan bantuan dimaksud bisa menyisihkan sebagian dari dana itu sebagai tabungan.

Tetapi itu tidak dipaksakan. Terserah kepada yang bersangkutan apakah, ia akan mengambil semua atau menyisihkan sebagian untuk tetap sebagai tabungan, katanya.

Jumlah warga penerima PSKS di Desa Lolu Utara yang pada hari ini akan mendapatkan bantuan sebanyak 207 RTS. Sementara total penerima PSKS di Kota Palu mencapai 13.271 RTS tersebar di delapan kecamatan yakni Palu Utara, Palu Timur, Palu Barat, Palu Selatan, Ulujadi, Mantikulore, Taweli dan Tatanga. (skd)