"Ilegal Fishing" Di Perairan Sulbar Mesti Diawasi

id ilegal, fishing

"Ilegal Fishing" Di Perairan Sulbar Mesti Diawasi

Ilustrasi (antaranews)

Mamuju,  (antarasulteng.com)- Praktek penangkapan ikan secara ilegal atau ilegal fishing di perairan Sulawesi Barat mesti diawasi ketat aparat keamanan untuk melindungi aset kekayaan laut negara dari nelayan asing.

"Ilegal fishing harus diawasi secara maksimal di perairan Sulbar agar kekayaan laut negara tetap terlindungi dan dapat terus dimanfaatkan untuk masyarakat dan kekayaan negara," kata Sekertaris Komisi I DPRD Provinsi Sulbar, Sukri Umar di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, Sulbar yang memiliki panjang pantai 700 kilometer memiliki laut yang sangat rentan dijarah nelayan asing apalagi kekayaan laut yang terkandung didalamnya sangat melimpah.

Sehingga ia berharap aparat keamanan terus memaksimalkan pengamanan laut Sulbar dari nelayan asing yang hendak mencurinya.

Pada 2012 lalu sebuah kapal asing asal Vietnam melakukan praktek ilegal fishing dan ditangkap pihak kepolisian bersama aparat TNI Angkatan laut di Perairan Mamuju 20 mil di wilayah Kepulauan Balakbalakang.

Dari penangkapan itu ditemukan barang bukti berupa 346 penyu yang diduga ditangkap secara ilegal oleh 13 anak buah kapal asal Vietnam.

"Hal seperti itu jangan lagi terulang sehingga memaksimalkan keamanan laut harus dilakukan untuk melindungi kekayaan laut Sulbar," katanya.(skd)