Wali Kota Palu harap perusahaan daerah lebih produktif membangun mitra

id Perusda, Pemkotpalu, walikotapalu, Hadianto Rasyid, pembangunan e, bisnis, ekonomi, sulteng

Wali Kota Palu  harap perusahaan daerah lebih produktif membangun mitra

Wali Kota Kota Palu, Hadianto Rasyid (tengah) saat menghadiri peresmian kantor perusahaan daerah milik Pemkot Palu, di Palu, Selasa (22/3/2022). ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Wali Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah Hadianto Rasyid berharap perusahaan daerah (Perusda) lebih produktif membangun mitra kerja dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan pendapatan daerah.
"Perusda harus mampu berkolaborasi dengan para pihak serta menggandeng mitra dalam meningkatkan pendapatan perusahaan maupun pendapatan daerah," kata Hadianto saat peresmian Kantor Perusda Kota Palu, di Palu, Selasa.
 
Ia menginginkan, direksi di jajaran perusda harus mampu mengimplementasikan harapan Pemkot Palu dengan berbagai kebijakan internal perusahaan dalam menentukan sikap.
 
Selan itu, tuntutan pemerintah setempat juga mengharapkan pengelolaan keuangan Perusda harus transparan dan akuntabel dengan tujuan agar kondisi keuangan perusahaan selalu dalam kondisi fit.
 
"Perusda berada pada posisi strategis dalam menggalang kekuatan ekonomi di daerah melalui kerja sama kemitraan dengan berbagai pihak. Selain itu, Perusda juga harus mampu mendorong sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke arah lebih baik," ujar Hadianto.
 
Selain itu, Pemkot Palu juga menuntut perusda agar menciptakan inovasi baru atas pencapaian kinerja yakni produktif, keuntungan, berwibawa serta berprestasi.
"Banyak anggapan bahwa Perusda adalah perusahaan yang letih dan tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Oleh karena itu, jajaran direksi harus mampu merubah stigma-stigma publik.

 Perusda harus tampil dengan nuansa yang lebih segar, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan-kepentingan daerah," kata Hadianto menuturkan.
 
Menurut Wali Kota Palu, guna menciptakan produktivitas yang baik, maka harus di tunjang dengan akuntabilitas kegiatan bisnis, dalam artian keterbukaan manajemen adalah bagian vital perlu diteguhkan agar dapat saling menguntungkan antara satu sama lain, sehingga kerja sama dibangun dapat memiliki ketahanan usia lebih awet.
 
Perusda juga memiliki tugas pokok yakni turut serta membantu pemerintah setempat membangun daerah, guna melayani kebutuhan masyarakat serta meningkatkan pendapatan daerah dari berbagai sektor potensial maupun kerja sama dibangun dengan mitra.
 
"Perusda sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tentu melakukan kegiatan bisnis strategis dengan penguatan kinerja, penciptaan pertumbuhan berkelanjutan, restrukturisasi, pengembangan usaha, serta peningkatan kapasitas infrastruktur bisnis dengan harapan tercipta simpul-simpul yang kokoh dalam menjaga ketahanan pendapatan daerah," ujar  Hadianto.