Pemkot Palu: Kehadiran ASN hari pertama kerja 98 persen

id Wawalipalu, Reny Lamadjido, Pemkotpalu, sidak pegawai, ASN, palu, Sulteng

Pemkot Palu:  Kehadiran ASN hari pertama kerja 98 persen

Suasana inspeksi mendadak oleh Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido di salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat hari pertama masuk kerja pascalibur, Senin (9/5/2022). ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, menyebutkan kehadiran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan instansi ini pada hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran 2022 mencapai 98 persen.

"Kami mengapresiasi kepatuhan ASN maupun pegawai kontrak yang sudah menunjukkan profesionalitas mereka," kata Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Palu, Senin.

Ia menjelaskan setelah libur panjang Lebaran 2022 diharapkan kinerja pegawai semakin meningkat dan lebih baik dari sebelumnya, apalagi saat ini masih suasana Lebaran 2022 sehingga perlu memperbaiki hubungan silaturahim antarsesama di lingkungan kerja.

Kehadiran pegawai di kantor, katanya, terlihat dari absensi mereka secara digital maupun manual yang menunjukkan progres baik.

"Pemerintah sudah memberikan waktu libur cukup panjang untuk berkumpul dengan keluarga dan melakukan aktivitas lain sehingga jadwal masuk kerja yang sudah ditetapkan pemerintah harus dipatuhi," ujar Reny.
Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido. ANTARA/Moh Ridwan
Pemkot Palu saat sidak membagi beberapa tim. Wakil Wali Kota Palu dan pejabat lain sidak di Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan Kota, dan Rumah Sakit Umum Anutapura Palu karena hari pertama kerja menjadi tolok ukur pegawai apakah mematuhi rambu-rambu, sekaligus menjadi bahan penilaian pemerintah terhadap kinerja pegawai.

"Kami ingin pemerintahan mengedepankan pelayanan prima. Untuk menunjang pelayanan itu harus didukung dengan kesiapan pegawai menjalankan tugas-tugas pokoknya sebagai mana salah satu misi Pemkot Palu reformasi birokrasi," papar Reny.

Terlepas dari kepatuhan disiplin ASN, ia mengimbau masyarakat tetap waspadai COVID-19, meskipun beberapa hari terakhir kondisi Kota Palu nol kasus COVID.

"Protokol kesehatan tetap menjadi prioritas dan jangan diabaikan, termasuk vaksinasi dalam rangka percepatan membangun kekebalan kelompok," demikian Reny.