Bupati Sigi ajak tokoh agama bantu pemerintah membina umat

id maulid nabi,ponpes dolo,pemkab sigi,mohamad irwan,bupati sigi,pembinaan umat

Bupati Sigi  ajak tokoh agama bantu pemerintah membina umat

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan sambutan pada Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad SAW, berlangsung di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohamad Irwan mengajak tokoh agama dan para pihak di daerah itu untuk membantu pemerintah dalam mengoptimalkan pembinaan umat, khususnya pembangunan moral dan karakter generasi muda.

"Lewat momentum Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan dapat berdampak pada tumbuhnya kebersamaan, untuk bersama-sama membangun Sigi khususnya pembinaan umat," katanya di Sigi, Senin.

Ia berharap, momentum Maulid Nabi Muhammad SAW dapat dijadikan oleh multipihak, termasuk tokoh agama, dalam membangun sinergi demi optimalisasi pembangunan moral dan karakter generasi muda.

Pemerintah Kabupaten Sigi memiliki program Sigi Religi yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan harmonisasi umat beragama di Sigi.

Di samping itu, sebut dia, Sigi Religi merupakan salah satu pendekatan pembinaan masyarakat dari aspek agama, untuk membangun dan meningkatkan pemahaman umat beragama terhadap agama serta meningkatkan kualitas spiritual dan moral.

Pemerintah Kabupaten Sigi mengalokasikan anggaran senilai Rp1,2 miliar lebih untuk mengoptimalkan implementasi program Sigi Religi.

Melalui alokasi dana tersebut, Pemerintah Kabupaten Sigi mengoptimalkan Sigi Berdzikir bagi Muslim dan Sigi Beribadah bagi non-Muslim.

Dengan anggaran itu, Pemkab Sigi mencanangkan kampung mengaji dan umrah bagi imam masjid dan pegawai syara serta wisata rohani Yerusalem bagi non-Muslim.

"Penguatan Sigi Religi dengan penggiatan secara intensif desa berdzikir, desa mengaji, dan membumikan ratibul alhaddad, serta beribadah bagi umat Kristiani," katanya.

Pelaksanaan Sigi Religi tahun 2022, kata dia, telah dilaksanakan 48 kegiatan untuk Sigi Berdzikir, Sigi Beribadah, dan Kampung Mengaji.

Pemkab Sigi menggandeng beberapa organisasi keagamaan yaitu Pengurus Besar Alkhairaat dan Gereja Bala Keselamatan serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sigi untuk maksimalisasi program tersebut.