IAIN Palu Segera Miliki Dua Prodi Baru

id stain

IAIN Palu Segera Miliki  Dua Prodi Baru

Ilustrasi--Wakil Gubernur Sudarto tinjau pembangunan enam gedung yang dibayar lewat SBSN di IAIN Palu (Foto antara/Muhammad Hajiji)

Palu,  (antarasulteng.com) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu dalam waktu dekat akan segera membuka dua program studi baru yang saat ini sedang di proses di Kementerian Agama RI.

Kepala Seksi Mutu Akademik, Subdit Pengembangan Akademik, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama, M. Adib Abdusshomad, di Palu, Rabu, mengakui bahwa pihaknya telah menerima usulan penambahan program studi dari IAIN Palu.

"Kemarin kami melakukan visitasi di lingkungan IAIN Palu, terkait usulan penambahan empat program studi baru, dan kami akan segera menindak lanjutinya," ungkap Adib Abdusshomad.

Ia menguraikan IAIN Palu pada tahun 2016 ini mengusulkan penambahan empat program studi baru, yang menempel pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, yaitu program studi politik Islam, sejarah peradaban Islam, kepustakaan dan sastra inggris.

Kemenag lewat pihaknya, sebut dia, hanya dapat menindak lanjuti dua usulan penambahan program studi yaitu politik Islam dan sejarah peradaban Islam dari empat prodi yang diusulkan.

IAIN Palu diminta untuk memperbaiki dokumen usulan penambahan program studi khususnya program studi sastra inggris dan kepustakaan, untuk dilengkapi sebagai syarat penambahan prodi.

"Kemenag menyarankan agar IAIN Palu memperbaiki dokumen usulan dua prodi tersebut, serta mempersiapkan jumlah dosen yang menjadi syarat penambahan prodi itu," ujar Adib.

Terkait hal itu Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag menyatakan bahwa usulan empat prodi tersebut telah disesuaikan dengan rencana pengembangan IAIN Palu dengan visi unggul dalam kajian Islam klasik dan sejajar dengan perguruan tinggi yang maju di Indonesia.

Olehnya, kata dia, program studi tersebut sangat penting untuk dibuka oleh IAIN Palu, mengingat minat minat didaerah tersebut serta disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan zaman.

"Kami akan kembali memperbaiki dan menyiapkan segala sesuatunya, sesuai dengan apa yang telah disyaratkan oleh Kemenag. Untuk dapat menambah program studi tersebut demi pengembangan IAIN Palu," katanya.