Pemkot Palu bentuk Pokjanal Posyandu tingkatkan pelayanan kesehatan

id Posyandu, pelayanan kesehatan, Pemkotpalu, Sulteng, stunting, kesejatan

Pemkot Palu bentuk Pokjanal Posyandu tingkatkan pelayanan kesehatan

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Palu, Husaema memberikan arahan saat menghadiri pembentukan kelompok kerja operasional (Pokjanal) Posyandu tingkat Kota Palu, Selasa (27/6/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah kota Palu, Sulawesi Tengah membentuk kelompok kerja operasional (Pokjanal) Posyandu sebagai upaya peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat.
 
"Posyandu salah satu wadah pelayanan kesehatan yang melibatkan masyarakat secara aktif. Oleh karena itu, penting untuk ditingkatkan supaya lebih masif membantu peningkatan derajat kesehatan masyarakat," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Palu Husaema saat menghadiri pembentukan Pokjanal Posyandu tingkat Kota Palu, Selasa.
 
 
Menurut dia, Pokjanal Posyandu dapat menjadi tonggak menggalang kolaborasi dan kerjasama yang erat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di daerah ini. Karena Posyandu sangat erat dengan masyarakat, terutama kegiatan pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan kesehatan balita yang dilakukan setiap bulan.
 
"Tugas kelompok kerja ini mengelola berbagai data dan informasi terkait Posyandu guna memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan untuk disampaikan kepada pemerintah daerah," ujarnya.
 
Kehadiran kelompok kerja sangat membantu pemerintah dalam melakukan pengendalian berbagai penyakit melalui edukasi dan sosialisasi, termasuk penanganan stunting atau tengkes.
 
Ia menilai unit kecil ini dapat memberikan efek positif terhadap kesejahteraan kesehatan masyarakat bila terkelola dengan baik, sehingga sangat dibutuhkan aksi kolaboratif lintas sektor.
 
 
"Saya yakin dengan kerja sama yang solid, komunikasi aktif dengan semangat gotong royong, kita dapat mewujudkan visi Kota Palu yang sehat dan sejahtera," ujarnya.
 
Pelayanan kesehatan salah satu program prioritas Pemkot Palu untuk membangun taraf hidup masyarakat yang lebih layak dari sisi kesehatan, sehingga berbagai program telah diluncurkan untuk mengintervensi.
 
"Saat ini Pemkot Palu gencar melakukan penanganan stunting karena angka prevalensinya meningkat 0,8 persen. Penanggulangan dan pengendaliannya saat ini dilakukan secara gotong royong melalui kolaborasi, dan posyandu salah satu bidang strategis yang terlibat dalam penanggulangannya," kata Husaema.