Sekprov apresiasi pelayanan UPT Laboratorium Kesehatan Sulteng

id UPT Laboratorium Kesehatan Sulteng,Pelayanan UPT Laboratorium Kesehatan Sulteng

Sekprov apresiasi pelayanan UPT Laboratorium Kesehatan Sulteng

Salah satu tenaga kesehatan di UPT Laboratorium Kesehatan Dinkes Sulteng di Kota Palu, Kamis, mengambil darah Sekdaprov Sulteng Moh. Hidayat Lamakarate untuk diperiksa.

Palu (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Moh. Hidayat Lamakarate menilai kualitas pelayanan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Sulteng sudah sangat baik dan profesional, tidak kalah dengan UPT laboratorium kesehetan milik dinkes di daerah-daerah lainnya di Indonesia.

"Kebaradaan UPT Laboratorium Dinkes Sulteng ini dapat membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," katanya usai mendonorkan darahnya dan meninjau Kantor UPT Laboratorium Kesehatan Dinkes Sulteng di Palu, Kamis (15/8).

Menurutnya fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di UPT laboratorium kesehatan tersebut juga sudah memadai seperti di rumah sakit-rumah sakit umum dan swasta di Sulteng sehingga masyarakat tidak perlu ragu datang memeriksakan kesehatannya di sana.

"Masyarakat perlu mengetahui itu," ujarnya.

Sementara itu Kepala UPT Laboratorium Kesehatan Dinkes Sulteng Rudianto menerangkan pihaknya terus berupaya membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, yakni dengan menyediakan sarana pelayanan kesehatan yang lengkap dan memadai.

"Hingga saat ini kami terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan dengan dengan menerapkan akreditasi laboratorium kesehatan yaitu pada pelayanan laboratorium klinik dan pelayanan laboratorium kesehatan masyarakat," ucapnya.

Ia berharap Laboratorium klinik dapat menjadi pusat rujukan pelayanan laboratorium kesehatan di Sulteng khususnya sebagai penentu diagnosis penyakit dan laboratorium kesehatan masyarakat yang menunjang kegiatan program kesehatan masyarakat.

Saat ini UPT tersebut menyediakan pelayanan laboratorium klinik berupa hematologi dan patologi, kimia klinik, mikrobiologi, parasitologi, imunologi.

"Dan pelayanan Laboratorium kesehatan masyarakat berupa mikrobiologi lingkungan, fisika lingkungan, kimia lingkungan (Pemeriksaan kualitas air dan pemeriksan NAPZA)," tambahnya.