Pemakaman di Kota Palu ramai peziarah jelang Ramadhan

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm,Ramadhan,Pemakaman di Kota Palu ramai,Palu ramai peziarah jelang Ramadhan

Pemakaman di Kota Palu  ramai peziarah jelang Ramadhan

Warga mendoakan keluarganya saat berziarah di TPU Pogego, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (30/3/2022). Selain berdoa, tradisi berziarah ke makam keluarga menjelang masuknya bulan suci Ramadhan juga disertai dengan membersihkan area makam. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/aww.

Palu (ANTARA) - Pemakaman umum di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) ramai dikunjungi warga yang ziarah menjelang masuknya bulan suci Ramadhan.

Di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pogego Kelurahan Donggala Kodi Kecamatan Ulujadi warga silih berganti datang ke pekuburan umum terbesar di Kota Palu itu untuk datang menziarahi makam sanak saudaranya.

Warga yang datang makin banyak ketika memasuki waktu petang. Warga datang berziarah untuk mendoakan sanak saudaranya yang telah meninggal dunia dan dimakamkan di TPU Pogego.

"Tiap tahun menjelang bulan Ramadhan saya selalu menyempatkan diri berziarah ke makam sanak saudara di TPU Pogego untuk mendoakan mereka agar diberi keselamatan di alam kubur," kata salah satu warga yang berziarah, Ahmad di Kota Palu, Kamis petang.

Menurutnya, dengan datang berziarah, hati menjadi sejuk dan mengingatkan akan datangnya kematian yang pasti terjadi sehingga terhindar dari perbuatan-perbuatan dosa yang dapat menjerumuskan ke dalam siksa kubur.

"Kalau jarang menziarahi kubur, kadang kita lupa bahwa mati itu pasti dan hidup di dunia hanya sementara. Makanya perlu menziarahi kubur agar kita merenung bahwa kita pasti akan berada di dalam kubur seperti yang dialami saudara-saudara kita yang telah meninggal duluan dan dikuburkan di TPU Pogego ini,"ujarnya.

Warga lainnya, Muhammad yang datang berziarah ke TPU Pogego menuturkan, kegiatan yang ia lakukan rutin dilakukan setiap tahun sebelum masuk bulan suci Ramadhan.

"Minimal setiap tahun datang ke TPU Pogego sini untuk berziarah mendoakan keselamatan untuk anggota keluarga maupun orang lain yang dikuburkan di sana,"ucapnya.

Warga yang datang berziarah ke TPU Pogego, selain untuk mendoakan sanak keluaran yang dikebumikan di sana, juga untuk membersihkan areal pekuburan yang telah ditumbuhi rerumputan liar.

TPU Pogego telah ramai dikunjungi oleh peziarah sejak beberapa hari lalu.