Forikan Minta Peran Pemda Kampanyekan Gemar Ikan

id Zalzulmida

Forikan Minta Peran Pemda Kampanyekan Gemar Ikan

Zalzulmida Djanggola (antaranews)

Setidaknya untuk sasaran individu masyarakat dan keluarga
Palu,  (antarasulteng.com) - Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Sulawesi Tengah Zalzulmida Djanggola meminta peran gubernur, wali kota dan bupati di provinsi itu untuk meningkatkan kampanye makan ikan di kalangan masyarakat.

"Setidaknya untuk sasaran individu masyarakat dan keluarga," kata Zalzulmida di Palu, Rabu.

Dia mengatakan pemerintah perlu terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya nutrisi makanan yang sehat dan berimbang serta pengetahuan menu ikan dan asupan sehat lainnya.

Tidak kalah pentingnya kata dia, adalah mendorong peningkatan konsumsi ikan pada ibu dan bayi, khususnya bagi ibu hamil dan menyusui.

"Terutama bayi pada masa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan (HPK)," katanya.

Menurut istri Gubernur Sulawesi Tengah itu, untuk meningkatkan konsumsi ikan di tengah masyarakat setidaknya dimulai dari internal keluarga dan terus dikampanyekan secara terus menerus oleh semua komponen masyarakat.

"Membangun sesuatu yang besar tentunya harus dimulai dari hal yang kecil. Begitu pula untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, harus dimulai dari peningkatan konsumsi ikan keluarga sebagai bagian terkecil dari Masyarakat," katanya.

Dia mengatakan konsumsi ikan merupakan bagian dari upaya ketahanan pangan dan gizi yang perlu terus digalakkan.

Sebagai daerah pesisir kata Zalzulmida, masyarakat Sulawesi Tengah tidak sulit memperoleh ikan.

Zalzumida mengatakan angka konsumsi ikan Sulawesi Tengah pada 2015 baru sebesar 45,07 kilogram per kapita per tahun.

Jumlah tersebut melampaui target yang ditetapkan pemerintah yakni 40,27 kilogram per kapita per tahun.

Untuk mengkampanyekan konsumsi ikan, Forikan Sulawesi Tengah menggelar gebyar gemar makan ikan di Desa Tulo, Kabupaten Sigi pada Selasa (6/12).

Acara tersebut diikuti sekitar 1.200 peserta dari perwakilan siswa-siswi Sekolah Dasar se Kabupaten Sigi beserta guru. Di arena kegiatan juga dibuka tempat pameran UKM yang bergerk di bidang usaha ikan olahan serta lomba memasak serba ikan.