Wali Kota Bagi-bagi Tong Sampah Di Jalan

id sampah

Wali Kota Bagi-bagi Tong Sampah Di Jalan

WALI KOTA BAGI-BAGI TONG SAMPAH Wali Kota Palu, Hidayat membagi-bagikan tong sampah di jalan raya kepada pengguna mobil di bilangan Jalan Raden Saleh Palu, Kamis sore, untuk mendukung Gerakan Gali Gasa. Wali Kota berharap gerakan ini dapat membangkitkan kesadaran kolektif masyarakat Palu dalam hidup

Kami sengaja membagi-bagikan tong sampah khusus mobil, agar pemilik mobil tidak membuang sampahnya di jalan.
Palu,  (antarasulteng.com) - Wali Kota Palu Hidayat membagi-bagikan tong sampah kepada warga, khususnya pengguna kendaraan roda empat yang melintas di jalan raya.

"Kami sengaja membagi-bagikan tong sampah khusus mobil, agar pemilik mobil tidak membuang sampahnya di jalan. Ini untuk mendukung gerakan `gali gasa` dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," katanya usai membagikan tong sampah di bilangan Jalan Raden Saleh Kota Palu, Kamis sore.

Saat turun ke jalan, Hidayat mengenakan baju biru dan didampingi sejumlah kepala organisasi perangkat daerah. Aksi itu mendapat sambutan hangat dan respons positif dari pengguna jalan.

Dia menjelaskan "gali gasa" atau 3G fokus utamanya pada kegiatan gerakan Sabtu bersih atau bina lingkungan di tiap-tiap kelurahan yang melibatkan Satgas Kebersihan, Keindahan, Ketertiban, Keamanan dan Kenyamanan (K5).

"Saat tersebut yang mengoordinasikan masyarakat turut serta dalam mengerakkan kebersihan lingkungan, khususnya dari sampah," katanya.

Dia menjelaskan tim "gali gasa" berperan khusus mempropaganda, mengadvokasi, serta menyosialisasikan hidup bersih dan sehat.

Oleh karena itu, kata dia, kampanye 3G maupun Gerakan Masyarakat Hidup Sehta tidak berakhir pada seremonial, namun ada aksi-aksi nyata dilakukan pemerintah demi mewujudkan tatanan lingkungan bersih dan sehat.

Selain itu, terdapat kegiatan rutin "coffee morning" senam sehat setiap Jumat pagi untuk membudayakan berolahraga bagi masyarakat.

Untuk mendukung program gerakan "gali gasa", pemerintah Kota Palu mengintegrasikannya dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Program Germas dicanangkan pemerintah pusat.

Untuk mendukung kedua program itu, kata Hidayat, Pemkot Palu telah mengeluarkan sejumlah kebijakan.

Dalam Germas misalnya, terdapat kegiatan "car free day" setiap Minggu di Pantai Anjungan Talise, gerakan gemar makan ikan, sayur, dan buah-buahan yang dilaksanakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Palu.

Dirinya berharap berbagai gerakan tersebut menumbuhkan kesadaran kolektif masyarakat Palu untuk hidup sehat dan lingkungannya terbebas dari sampah. (skd)