Enam desa di Sigi dilanda banjir

id Banjir, sigi, jembatan putus

Enam desa di Sigi dilanda banjir

Puing-puing jembatan putus di Deaa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi akibat dihantam banjir pada Jumat (28/6). malam. Kini jalan menghubungkan desa di wilayah selatan Kabupaten Sigi dan Kota Palu masih lumpuh, Sabut (29/6). (Antaranews/Rangga Musabar)

Sigi (ANTARA) - Hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyebabkan sejumlah Desa di wilayah tersebut diterjang banjir.

Halitu mengakibatkan ratusan rumah warga terendam air dan lumpur Jumat (28/6) malam. 

Tidak hanya itu, sebuah jembatan penghubung di Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan ,Kabupaten Sigi juga teputus akibat hantaman Banjir. 

Akibatnya, sampai saat ini, jalur yang menghubungkan antara Kota Palu dan Kabupaten Sigi ini tidak dapat dilalui.

‘’Belum adan jalan alternatif yang lain. Peristiwa ini terjadi sekitar jam sembilan malam,"  ungkap Kades Rogo Fuad Hudin, Sabtu. 

Selain mengakibatkan jembatan terputus, banjir ini juga berdampak terhadap lahan pertanian warga yang mengalami kerusakan yang cukup parah.

‘’Gempa memang telah membuat perekonomian kami sudah lumpuh apalagi ditambah banjir seperti ini, tambah semeraut.," katan Uun, salah Satu warga Desa Rogo.

Warga berharap kepada pemerintah agar segera mengambil  langkah untuk membuat jalur alternatiif pascaputusnya jembatan penghubung Palu-Kulawi ini.

Dari data BPBD Kabupaten Sigi, ada 6 Desa yang dilanda Banjir .yakni  Desa Poi, Desa Rogo, Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Desa Bora Kecamatan Biromaru, Desa Pandere Kecamatan Gumbasa dan Desa Salua Kecamatan Kulawi.