Pemkab Parigi Moutong harapkan KONI jadi pengayom olahraga di masyarakat

id KONI Parimo, raker, Parigi Moutong, Sulteng, Faisan Badja

Pemkab Parigi Moutong harapkan KONI jadi pengayom olahraga di masyarakat

Suasana rapat kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Parigi Moutong tahun 2020 yang diselenggarakan, di Parigi, Selasa (29/12/2020). ANTARA/HO/Kominfo Parigi Moutong

KONI perlu memberikan penguatan terhadap atlet-atlet agar ke depan mampu bersaing di tingkat regional maupun nasional
Parigi (ANTARA) - pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengharapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupaten itu menjadi pengayom olahraga di tengah masyarakat.

"KONI perlu memberikan penguatan terhadap atlet-atlet agar ke depan mampu bersaing di tingkat regional maupun nasional," kata Bupati Parigi Moutong di wakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Parigi Moutong Arman Maulana saat membuka rapat kerja KONI setempat, di Parigi, Selasa.

Menurut dia, komite yang merangkul pengurus cabang masing-masing cabang olahraga memiliki peran strategis dalam membina sekaligus mencetak atlet-atlet berprestasi untuk digunakan pada ajang kompetisi daerah maupun nasional.

Selain itu, pemerintah juga meminta KONI ikut membantu berperan memutus mata rantai penyebaran virus Corona di masyarakat.

"Minimal mengedukasi masyarakat menerapkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), karena di Parigi Moutong semakin hari semakin bertambah kasus baru positif," ujar Arman.

Pelaksana tugas Dinas Komunikasi dan Informatika setempat juga mengajak masyarakat rutin berolahraga, karena kegiatan itu dipercaya dapat membuat membuyarkan tubuh, sebagai salah satu upaya menangkal virus.

Ketua umum KONI Parigi Moutong Faisan Badja mengemukakan, di tengah ancaman pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, masyarakat harus tetap mawas diri namun tidak panik berlebihan.

"Kami berharap, musibah ini secepatnya bisa teratasi, agar masyarakat dapat beraktivitas seperti waktu-waktu normal sebelumnya," ucap Faisan yang juga Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong ini.

Dia menambahkan, pada Pekan Olahraga tingkat Provinsi (Porprov) 2018 lalu, kabupaten ini meraih kesuksesan sebagai penyelenggara, dan tidak sedikit atlet-atlet Parigi Moutong mencetak prestasi gemilang.

Dengan modal prestasi peringkat kedua pada ajang pesta olahraga empat tahunan tingkat daerah, Parigi Moutong lebih menguatkan target posisi peringkat pada ajang Porprov ke-IX di Kabupaten Buol tahun 2022 nanti.

Menurutnya, harapan menjadi juara dapat terwujud bila pengurus Cabor dan atlet serius serta bersungguh-sungguh berlatih.

"Lewat rapat kerja ini kita harus menyamakan persepsi sebagai langkah memperkuat kedudukan olahraga Parigi Moutong," demikian Faisan.